Peringatan Hari Kartini Ke-139 Tahun 2018 di Provinsi Bengkulu

  • Whatsapp

BENGKULU, beritalima.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pembangunan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berenncana (P3A-PPKB) Provinsi Bengkulu menggelar acara Peringatan Hari Kartini Ke-139 Tahun 2018 di Halaman Rumah Fatmawati Sukarno, Rabu (25/4/2018).

Dalam kesempatannya, Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, Yuliswani, mengajak kepada seluruh warga masyarakat Bengkulu untuk mengangkat panji-panji kebudayaan dalam membangun bangsa.

“Keanekaragaman budaya menjadi kebanggaan bagi kita untuk dipertahankan dan diwarisi kepada generasi selanjutnya. Budaya kita sangat bervariasi, memiliki keunikan tersendiri. Jangan sampai luntur karena pengaruh budaya luar,” Ungkap Yuliswani.

Menurutnya, dalam pembangunan, perempuan dan laki-laki memiliki kedudukan yang setara. Hanya saja, kata dia, budaya yang menganggap perempuan sebagai insan yang lemah dan laki-laki lebih kuat seringkali menjadi penyebab adanya diskriminasi dalam pembangunan baik yang bersifat politik, sosial, ekonomi dan budaya.

“Untuk itu pemerintah selalu berupaya mengajak seluruh pemangku kebijakan untuk responsif terhadap perempuan. Bila pembangunan dijalankan dengan responsif, maka perjuangan Kartini terdahulu dapat diwujudkan,” ujarnya.

Ia pun menjelaskan, Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam melaksanakan program priorotas pengentasan kemiskinan dan ketertinggalan, Kartini harus mendapat perhatian serius melalui pemberdayaan.

“Kalau tidak diberdayakan, tidak mungkin kita dapat entaskan kemiskinan. Bukan hanya lewat Dinas P3A-PPKB, tapi semua OPD terkait harus ikut memberdayakan perempuan. Jika perempuan berdaya akan diikuti dengan keluarga yang berdaya dan muaranya masyarakat sejahtera dan terbebas dari kemiskinan. Ingat, perempuan yang diberdaya, bukan yang diperdaya,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menghimbau kepada para Kartini masa kini untuk senantiasa ikut berperan dalam pembangunan, menjadi perempuan-perepmuan yang berkarya dan mengukir prestasi demi prestasi untuk bangsa pada umumnya, Bengkulu pada khususnya.

“Berikan yang terbaik bagi kemajuan pembangunan di Provinsi Bengkulu. Jayalah perempuan Indonesia,” pungkasnya.

Acara ini diisi dengan penyarahan hadiah kepada para pemenang lomba Kartini 2018 dan atraksi dol yang ditampilkan secara memukau oleh pengurus dan anggota Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi Bengkulu.

Acara dengan tema “Semangat Kartini, Semangat Eksplorasi Khazanah Budaya Bangsa” ini dihadiri oleh unsur Forkompinda se Provinsi Bengkulu, Kartini-kartini Bengkulu yang ada di DPR RI, DPD RI, DPRD, PKK, OPD-OPD, organisasi-organisasi perempuan, organisasi-organisasi masyarakat dan lain sebagainya. (Ertika).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *