Peringati HKN ke-55, RSUD dr Soedomo Trenggalek Gelar Bhakti Masyarakat

oleh -28 views

TRENGGALEK, beritalima.com

Tiap tanggal 12 November, masyarakat di seluruh wilayah Indonesia selalu memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN). Untuk tahun 2019 ini, diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional yang ke-55. Dengan mengangkat topik peringatan yakni ‘Generasi Sehat, Indonesia Unggul’.

Sedangkan tujuan dari peringatan HKN ke-55 itu sendiri adalah sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa dapat berperan serta ikut aktif bersama dalam upaya kesehatan.


Mewujudkan itu, salah satu Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) milik Pemerintah Kabupaten Trenggalek yaitu Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soedomo pun tidak mau ketinggalan dalam peran sertanya ikut memberikan sumbangsih kepada masyarakat sesuai tugas dan fungsinya.

Diantaranya dengan melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial di Desa Ngembel, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek beberapa waktu lalu. Beberapa agenda digelar sebagai bentuk dari bukti kepedulian RSUD plat merah tersebut terhadap kesehatan masyarakat.

Kepala Humas RSUD dr. Soedomo Trenggalek, Sujiono kepada beritalima.com mengatakan jika dalam bhakti sosial yang dilaksanakan kemarin sebenarnya lebih terfokus pada tiga point penting.

“Diantaranya, pemeriksaan kesehatan gratis, penyuluhan kesehatan jiwa, dan santunan berupa bahan makanan pokok (sembako),” sebutnya, Rabu (13/11/2019).
Ditambahkannya, kegiatan dimaksud adalah salah satu bentuk pengabdian dari pihak RSUD dr Soedomo karena RSUD itu tidak hanya punya fungsi kuratif (pengobatan) atau rehabilitatif (pengembalian fungsi). Namun, juga sebagai sarana preventif (pencegahan) dan promotif (sosialisasi) pengabdian masyarakat.

“Jadi tugas RSUD, selain sebagai pusat layanan preventif atau pencegahan terhadap dampak suatu penyakit juga sebagai sentral pelayanan promotif yang lebih mengutamakan kepada kegiatan promosi tentang betapa pentingnya kesehatan bagi warga,” imbuhnya.

Dan bersyukur, sambungnya, tak kurang dari 138 simpatisan hadir serta mensukseskan kegiatan yang diawasi langsung oleh dr Bachtiar Ariffin, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Medis dan Penunjang Medis RSUD dr Soedomo Trenggalek.

“Harapannya, masyarakat Trenggalek bisa selalu sehat secara menyeluruh, mampu menjadi pribadi tangguh dalam memelihara kesehatan baik pribadi, keluarga ataupun lingkungan. Bangga dan merasa ikut memiliki fasilitas kesehatan milik sendiri yakni RSUD dr Soedomo Trenggalek,” pungkas pria ramah asli dari Kecamatan Gandusari itu. (her)