Perlu Ditangani Segera, Kaban BPBD Kepsul kunjungi Lokasi Abrasi Pantai

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA,beritaLima.com – Perkampungan Desa Buya Dusun I Kecamatan Mangoli Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara (Malut) porak poranda dihantam air pasang. Bencana abrasi pantai itu sudah menghancurkan beberapa rumah dan mengancam bangunan yang lainnya.

“Bencana abrasi pantai ini sudah lama melanda daerah kami,” sebut kepala Dusun I, Afende Latangele kepada BeritaLima.com – Jumat pagi (14/06-2019) lewat pesan WhatsApp. “Sudah 5 rumah rusak dan lainnya kini terancam hancur pula, “tambahnya.

“Sejak dihantam abrasi, bibir pantai sudah bergeser ke daratan lebih, terangnya. “Masyarakat sekarang hidup dalam kecemasan, “tutur Afendi.

Kepala dusun 1 yang didampingi warga sangat berharap segera ada upaya penanggulangannya dari pemerintah. “Jangan biarkan kampung kami hancur,” pintanya.

Pantauan BeritaLima.com di lapangan, puluhan rumah nelayan di sepanjang pantai dusun I Desa Buya terlihat sudah sangat dekat dengan bibir pantai. Bahkan, beberapa di antaranya sudah mulai tergerus oleh hantaman ombak besar. Puluhan perahu diamankan agak jauh ke daratan.

Kepala dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Sula, Kepala Misbah Wamnebo beberapa minggu lalu yang meninjau lokasi abrasi pantai tersebut berjanji akan menyampaikan harapan masyarakat untuk minta dukungan pak Bupati Hendrata Theis” tambahnya. “ Dan ini perlu penangan segera, “pungkasnya. [DN]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *