Perluas Kerja Sama, ITS Gandeng Mitra Industri

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus bertekad meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memajukan teknologi dalam berbagai bidang. Hal tersebut dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara ITS dengan mitra-mitra yang bergerak di bidang industri, antara lain Petrokimia yaitu PT Petrokimia Gresik, PT Petrokimia Kayaku, dan PT Petrosida Gresik, Senin (6/12/2021) sore.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dalam sambutannya menjelaskan, ITS memiliki cita-cita untuk memajukan teknologi demi kesejahteraan bersama berdasarkan motto advancing humanity.

“Kami tidak ingin hanya memajukan kesejahteraan lewat bidang teknik dan sains, namun juga lewat bidang kesehatan dan berbagai bidang lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD mengungkapkan bahwa kerja sama antara ITS dan mitra petrokimia ini mencakup beberapa hal yang berhubungan dengan inovasi dan sumber daya manusia. Nantinya, tim riset dari ITS akan menghasilkan produk yang akan menjawab permasalahan yang timbul di masyarakat lewat bantuan dari pemerintah dan hilirisasi dari pihak mitra petrokimia ini.

Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS Agus Muhamad Hatta ST MSi PhD menyatakan kesiapannya untuk membantu mitra petrokimia dalam menghadapi revolusi industri 4.0, melalui riset dan pengembangannya dalam bidang kecerdasan buatan. Selain itu, Agus juga menegaskan siap untuk membantu pihak mitra dalam pengembangan energi hijau atau renewable energy.

Adapun pada bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM), ITS akan membuka kesempatan bagi staf maupun karyawan dari mitra petrokimia tersebut untuk melanjutkan studinya di ITS. Lewat program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan kurikulum yang fleksibel dengan kebutuhan mitra.

Melalui PJJ diharapkan nantinya dapat menghasilkan lulusan yang mampu menjawab berbagai persoalan di industri tersebut. Dengan adanya kerja sama ini, staf dan karyawan dari pihak industri tetap dapat melanjutkan pendidikan program magister di ITS di sela-sela kewajibannya dalam bekerja.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT Petrokimia Gresik Ir Dwi Satriyo Annurogo MT berharap nantinya ITS dapat mengembangkan dan menciptakan inovasi, terutama dalam bidang energi yang terbarukan dan ramah lingkungan. Selain itu, Dwi turut menyatakan keinginannya untuk bersama memajukan Indonesia.

“Mohon bantuannya, apa yang sekiranya bisa kami berikan untuk turut memajukan Indonesia menjadi bangsa yang mandiri dan kuat,” tandasnya.(yul)

Caption:
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng memberikan sambutan dalam penandatanganan MoU antara ITS dengan Petrokimia Group

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait