Persiapan Hadapi Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Mojokerto Launcing Sentra Gakkumdu

  • Whatsapp

MOJOKERTO, Beritalima.com- Guna pematangan dalam menyambut Pemilu yang direncanakan digelar pada tanggal 14 Februari 2024 nanti, Bawaslu Kabupaten Mojokerto menggelar Launching Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) dan Penandatanganan Pakta Integritas Sentra Gakkumdu Kabupaten Mojokerto Di Hotel Aston, Kenanten, Puri, Mojokerto Selasa (13/13/2022). Malam

Aris Fahrudin Asy’at, S.Pd.l, Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto dalam sambutanya menyampaikan, terkait dengan sentra gakkumdu pada pemilihan umum tahun 2024, sebagaimana amanat UU Nomor 07 Tahun 2017 telah mengatur mekanisme penegakan hukum tindak pidana pemilu, pada pemilu 2024.

Adapun unsur sentra Gakkumdu terdiri dari Bawaslu dan jajaranya. Mulai dari Bawaslu RI hingga Bawaslu tingkat Kabupaten/Kota, Dan yang kedua unsur Kepolisian dan jajaranya mulai dari Mabes Polri hingga Polres, dan yang ketiga Kejaksaan dan jajaranya dari Kejaksaan Agung hingga Kejaksaan Negeri.

“Tugas penegakan Pemilu yang dibebankan di Gakkumdu tidaklah ringan

Lebih lanjut Aris menambahkan, Bawaslu masih dihadapkan dengan persoalan yang disaat pelaksanaan jelang Pemilu maupun saat pelaksanaan Pemilu.

“Dengan tantangan yang begitu besar maka. Bawaslu, akan melakukan pengawasan sejumlah prlanggaran Pemilu terutama dengan maraknya politik uang, mahar politik dan netralitas ASN, politik sara , Hoax serta kampanye hitam,” terang

Sementara itu, sambutan Bupati Mojokerto dr Hj Ikfina Fahmawati, M.Si yang dibacakan oleh Kepala Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto Nugroho Budisulistyo menyampaikan, mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas dengan Launching Gakkumdu oleh Bawaslu, momentum 2024 harus diawali mulai dari sekarang, karena 2024 bukan hanya pemilu Legeslatif dan juga Pilpres namun juga Pilkada serentak

” Atas nama ibu bupati saya sampailan, semoga dengan di launching Gakkumdu ini, mudah-mudahan Bawaslu bisa bekerja dengan baik, dan pemilu 2024 bisa berjalan dengan baik” terang Kepala Bakesbangpol

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Mojokerto Gaos Wijaksono, S.H, M.H dalam sambutanya sangat mengapresiasi atas dilaunchingnya sentra Gakkumdu di Kabupaten Mojokerto ini, mengingat tahun 2023 sudah memasuki tahun politik maka mulai melakukan antisipasi sejak dini ancaman atau ganguan habatan dan tantangan serta menindaklanjuti proses hukum jika terjadi tindak pidana pemilu.

“Untuk menghadapi tahun politik ini, saya telah menunjuk beberapa para jaksa masuk dalam tim di sentra Gakkumdu, namun saya berharap tidak terjadi adanya kecurangan dalam pemilu di wilayah Kabupaten Mojokerto” ujar Kajari Mojokerto.

Turut hadir dalam Launching tersebut, Bawaslu Propinsi Jawa Timur, Kepala Kejaksaan Negeri Mojokerto, Perwakilan dari Polres Kabupaten Mojokerto juga Polres Kota Mojokerto serta Ketua Partai Politik dan awak Media. (Kar)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait