Perumda Tirta Kanjuruhan Tingkatkan Kompetensi Pegawai

  • Whatsapp

MALANG, beritalima.com| Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, terus melakukan pembenahan dan peningkatan kinerjanya, baik dari segi pengelolaan perusahaan maupun pelayanan. Dengan pelayanan yang diselenggarakan pada 26 Unit Pelayanan, yang tersebar di 25 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Malang, merupakan tantang tersendiri bagi Jajaran Direksi untuk terus mengelola potensi aset yang dimiliki Perusahaan yang berdiri pada tahun 1981 ini. Salah satu aset yang dimiliki Perumda Tirta Kanjuruhan yang dulu lebih dikenal dengan PDAM Kabupaten Malang, adalah sumber daya manusia atau pegawai yang tersebar di seluruh Unit Pelayanan dan Kantor Pusat.

“Dalam rangka untuk terus meningkatkan peran dan kontribusi SDM/pegawai untuk mendorong peningkatan kinerja dan pelayanan, secara rutin Perusahaan memiliki strategi dan program yang dilaksanakan untuk peningkatan kompetensi pegawai. Sebagaimana yang baru-baru ini telah dilaksanakan rangkaian kegiatan pelatihan bagi pegawai yang diselenggarakan berkat kerjasama PERUMDA Tirta kanjuruhan dengan water.org,” ungkap Tutik Wadjawati, S.E Direktu Umum (Dirum) Perumda Tirta Kanjuruhan kepada awak media Rabu, 27/11.

Bacaan Lainnya

Dua program pelatihan yang dilaksanakan secara berturut turut dalam 2 (dua) hari yaitu Pelatihan Manajemen Aset dan Pelatihan Customer Service pada tanggal 14 hingga 15 Nopember 2019, bertempat di Aula Perumda Tirta Kanjuruhan. Pelatihan Manajemen Aset yang diikuti oleh sekitar 100 orang jajaran pejabat struktural Bagian dan Unit Pelayanan, bertujuan untuk membekali peserta dalam pengambilan keputusan dalam pengelolaan aset, sehingga lebih efisien, mengurangi pemborosan/kerugian, mencegah hilangnya aset serta mecegah konflik karena aset.

“Dalam pelatihan ini, juga peserta dibekali implementasi sistem informasi manajemen asset. Hal tersebut seiiring dan relevan dengan kondisi dan beberapa permasalahan yang dihadapi perusahaan,” paparnya.

Pelatihan Menejemen Aset Perumda Tirta Kanjuruhan

Menurut mantan Kepala Bagian (Kabag) Sumber Daya Manusia (SDM) itu, bahwa terdapat jumlah aset yang sangat banyak dan tersebar di seluruh wilayah pelayanan, kegagalan pengelolaan aset yang berdampak terhadap kegagalan layanan secara 3 K (kualitas, kuantitas dan kontinuitas), usia aset yang berdampak pada program perawatan dan kebutuhan tools untuk penetapan skala prioritas perbaikan /penambahan aset dikarenakan keterbatasan anggaran yang dimiliki.

Selain itu materi yang seluruhnya disampaikan oleh Rahmad Hadi Sasmito, SH, diakhiri dengan peninjauan identifikasi aset menggunakan aplikasi manajemen aset, yang telah diterapkan Perumda Tirta Kanjuruhan.

Di hari berikutnya pada Jum’at 15 Nopember 2019, masih bekerjasama dengan water.org, dilaksanakan pula Pelatihan Customer Service. Kegiatan yang dikuti oleh seluruh petugas Customer Service ini berjalan dengan sangat antusias, dikarenakan metode penyampaian materi yang cukup interaktif, sehingga menarik dan mudah diikuti oleh peserta. Pelatihan Customer Service tersebut marupakan program pelatihan reguler yang secara periodik dilaksanakan oleh Bagian SDM Perumda Tirta Kanjuruhan, dengan tujuan diantaranya meningkatkan teknik untuk membangun keterampilan komunikasi yang efektif.

Dan meningkatkan dasar dasar dalam memberikan pelayanan berkualitas tinggi kepada pelanggan, membangun pentingnya sikap positif dan mampu membangun mindset of success dalam bekerja. Hal tersebut sebagaimana yang dilaporkan oleh Kabag. SDM dan dirangkai pula oleh sambutan Direktur Umum Perumda Tirta Kanjuruhan, yang juga sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Pemateri dari water.org yaitu Ambar Muryati dan Dinar yang diantaranya menyampaikan materi Service Excellent dan study kasus, membuat suasana segar dan membuat peserta aktif mengikuti hingga kegiatan purna. Hal tersebut diharapkan seluruh materi akan langsung dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas ditempat kerja masing-masing peserta. [adv/san]

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *