Pesawat Demonim Ditembak Saat Landing

  • Whatsapp

Timika,beritalima.com. Lagi-lagi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menebar teror ke Masyarakat. Pada pukul 13.05 WIT di Bandara Keneyam, Kab. Nduga, Papua telah terjadi penembakan terhadap pesawat Twin Otter Dimonim Air PK-HVU yang dilakukan oleh KKB pada saat tepat mendarat diujung landasan Bandara Keyam. Pesawat tersebut berangkat dari Timika menuju Kenyam, Jumat (22/6).

Akibat dari penembakan tersebut Pesawat mengalami kebocoran pada bagian depan,tujuh bagian kabel pesawat putus, buku manifes rusak dan pergelangan kaki kanan Co Pilot terkena serpihan peluru.

Pesawat tersebut membawa penumpang sipil sebanyak 16 orang dan 1 anggota Polisi yang bertugas di Polsek Kenyam, Bripda Bagus. Pilot Nelson Kasenda (51 thn,WNI), Co Pilot Irena Nur Fadila ( 25 thn,WNI), Engginering Kasta Gunawan( 45 thn,WNI).

Dari keterangan yang berhasil dihimpun bahwa tepat pada Pukul 13.05 WIT Pesawat lending di Bandara Kenyam,tepat diujung landasan bandara Pesawat ditembak oleh KKSB yang mengenai bagian depan pesawat tembus kedalam pesawat yang mengakibatkan Co Pilot kena serpihan peluru.

Setelah Pesawat Dimonim Air tiba di Parkiran pesawat,seluruh penumpang turun dalam keadaan selamat dan Kru Pesawat langsung melaporkan kejadian tersebut ke Pihak Kepolisian yang kebetulan berada di area Bandara Kenyam.

Co Pilot Irena Nur Fadillah mendapatkan perawatan pada pergelangan kaki yang mengalami luka sobek terkena serpiha peluru oleh Bintara Kesehatan Koramil Nduga. AKBP Leo dan Perwira Penghubung Kodam XVII/Cenderawasi wilayah Nduga Mayor Inf Nainggolan melakukan Kordinasi untuk melaksanakan pengamanan.

Tidak lama kemudian Bupati Nduga Yarius Gwijangge tiba di Bandara dan melakukan Kordinasi dengan LO Polisi dan Pabung Nduga. Sementara itu anggota 755/Yalet yang berjumlah 20 orang Dpp Letda Inf Prayuga Estu, dibantu oleh anggota Koramil dan anggota Polsek kenyam telah lebih dahulu tiba di Bandara dan langsung melakukan pengamanan disekitar areal Bandara.

Pukul 14.23 WIT setelah dipastikan keamanan Bandara dapat di kendalikan Pesawat Dimonim Air terbang kembali menuju Timika dengan tidak membawa penumpang. Sebagai keterangan tambahan bahwa pesawat tersebut adalah pesawat yang disubsidi oleh Pemda Kabupaten Nduga untuk membantu transportasi masyarakat.

Belum diketahui motif dari penembakan tersebut,serta pelaku penembakan dari kelompok siapa juga masih dalam penyelidikan. Namun situasi saat ini disekitar Bandara khususnya dan secara umum di wilayah Kenyam Nduga dalam keadaan aman terkendali.

Aparat keamanan tetap meningkatkan kewaspadaan untuk menjamin keamanan Masyarakat. (indra)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *