PKB Maluku Rekomendasi MI-Maspaitella Balon Gubernur Wagub 2024

  • Whatsapp

AMBON,MALUKU – Menyambut pilkada di 2024, DPW PKB Maluku akan merekomendasikan Murad Ismail sebagai bakal calon (balon) Gubernur didampingi Pendeta Elifas Maspaitella sebagai balon Wakil Gubernur (wagub). Rekomendasi ini akan disampaikan pada Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil) yang akan digelar di pertengahan Mei mendatang.

Hal ini diakui oleh Fahrudin Hayoto, Sekretaris DPW PKB Maluku, didampingi Ketua DPW PKB Maluku Basri Damis, kepada awak media, Rabu (27/04/2022).

“ Rekomendasi untuk kedua figur ini karena Murad Ismail dinilai sebagai pemimpin yang ideal saat ini untuk Maluku dan perlu diberikan ruang untuk melanjutkan kepemimpinan periode kedua. Sedangkan Pendeta Elifas Maspaitella, merupakan tokoh agama yang dianggap memiliki kapasitas dan kapabilitas,” ungkap Hayoto.

Ia tidak memungkiri, bilamana rekomendasi ke kedua tokoh ini salah satunya untuk menghindari polarisasi kewilayahan di Maluku.

” Karena Maluku terdiri dari ribuan pulau, sehingga dikotomi wilayah tidak perlu terjadi. Kedua tokoh ini adalah kombinasi yang ideal dan mampu menjadi simbol persaudaraan sejati di Maluku,” tutur Hayoto.

Menurutnya, kolaborasi kedua tokoh ini sangat cocok untuk menjawab semua tantangan Maluku ke depan yang semakin kompleks dan kompetitif.

” Selain itu, mukerwil yang digelar juga akan merekomendasikan pokok pikiran kepada Pemprov Maluku yakni, terkait persatuan Maluku, pembangunan ekonomi dan program pengentasan kemiskinan serta pilot project strategis Nasional untuk Maluku,” bebernya.

Jelasnya lagi, menyambut tahun politik 2024, dalam hal ini pileg dan pilkada 2024, rekruitmen dini calon legislatif telah dilakukan baik untuk DPRD provinsi maupun kabupaten/kota dan Insyah Allah tahun ini rampung.

Menurut Hayoto, selain rekomendasi untuk pilkada Gubernur Maluku , musyawarah kerja DPW PKB Maluku juga akan merekomendasikan kader internal dan eksternal untuk di rekomendasikan sebagai calon bupati dalam pilkada kabupaten kota se Maluku.

Lebih lanjut dirinya menyebutkan, untuk pilkada Maluku Tengah 2024, Mukerwil akan merekomendasikan dan menyiapkan 4 kader terbaik sebagai calon bupati yakni Habiba Pelu, Ruslan Hurasan, Mohamad Syukri Wailisa dan M.Rani Tualeka.

Pilkada kabupaten Buru yakni Ketua DPC PKB Kabupaten Buru Ikram Umasugi. Pilkada Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) yakni Mustafa Nasir sebagai calon bupati kabupaten SBB.

Pilkada kabupaten Kepulauan Aru, PKB merekomendasikan Ketua Dewan Syuro DPC PKB Aru Timotius Kaidel. Untuk Pilkada Kabuapten MBD, Mukerwil akan merekomendasikan Benjamin Noach sebagai calon bupati MBD.

Sedangkan, untuk pilkada Kota Ambon PKB akan merekomendasikan 4 Figur yakni, M. J. Sapteno (Rektor Unpatti), Marthen Maspaitella, Agus Ririmase dan kader internal M. Asmin Matdoan.

Sementara itu, pilkada Kota Tual Mukerwil PKB akan merekomdasikan Usman Tamnge dan Mumin Refra. Untuk pilkada Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yakni Safitri Malik Soulisa.

Basri Damis, Ketua DPW PKB Maluku pada kesempatan yang sama menyatakan, infrastruktur PKB Maluku telah siap menghadapi tahun politik 2024 dan Alhamdulilah 118 DPAC Kecamatan PKB se Maluku telah menyelesaikan Musancab dan Struktur Kepengurusan tingkat DPAC Kecamatan telah rampung dan renstra tahun 2022 yang akan dibahas pada Mukerwil nanti, kita optimis struktur pengurus ranting di tingkat 1235 Desa/Kelurahan akan rampung.

“ PKB Maluku telah siap memenangkan Gus Muhaimin untuk Presiden 2024 dan siap memenangkan pileg dan pilkada, baik pilkada Gubernur maupun pilkada kabupaten/kota se Maluku. PKB Maluku telah siap menghadapi tahun Politik 2024,” tutur Basri.

Sekedar tahu, pertengahan Mei 2022 DPW PKB Maluku dijadwalkan akan melaksanakan Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil) bertempat di salah 1 hotel berbintang di kota Ambon.

Mukerwil DPW PKB Maluku, akan fokus mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategis (Restra) 2021 dan menetapkan Restra untuk tahun 2022. Kegiatan ini akan dihadiri oleh 11 DPC PKB se Maluku. (IN-Vera)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait