PLN Salurkan Battery Storage Bagi Masyarakat Belum Terlistriki

  • Whatsapp

Timika,beritalima.com I PLN Jayapura menyalurkan bantuan battery storage (tabung listrik) sekitar 146 battery storage untuk masyarakat yang belum terlistriki, sebagai penerangan sementara sebelum jaringan masuk ke beberapa daerah di Papua. Battery storage itu akan diberikan kepada masyarakat, serta untuk fasilitas umum dan pos keamanan yang belum terjangkau jaringan listrik.

Hingga saat ini, 146 battery storage telah didistribusikan ke tiga lokasi. Diantaranya 46 set untuk Jayapura, 75 set untuk Wamena serta 25 set untuk Merauke. Khusus daerah Jayapura, seluruh battery storage telah terpasang. Dalam pelaksanaannya, pemasangan battery storage ini bekerja sama dengan Kodam XVII Cenderawasih untuk wilayah Wamena dan Merauke.

“Battery Storage atau tabung listrik ini merupakan salah satu upaya kami untuk memberikan penerangan kepada masyarakat, tempat sosial dan juga pos penjagaan di daerah perbatasan. Kami berharap, bantuan penerangan ini dapat memberikan manfaat kepada penerima,” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, J. A. Ari Dartomo.

Sistem kerja battery storage menyerupai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), yakni menggunakan panel surya yang dihubungkan ke power bank atau tempat penyimpanan daya. Nantinya, daya yang tersimpan akan dialirkan ke tiga titik lampu yang ada.

“Sebelumnya, kami masih menggunakan pelita untuk penerangan. Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah melalui PLN yang telah membantu lampu ini. Semoga anak-anak dapat belajar dengan baik pada malam hari,” kata Kepala Kampung Waley, Mathius Lembar.

Lokasi penerima dipilih, karena saat ini daerah tersebut belum terlistriki oleh PLN. Salah satu faktornya adalah kondisi geografis yang masih kurang memungkinkan untuk pemasangan jaringan dan pembangkit. Pemasangan battery storage juga akan berpengaruh pada rasio elektrifikasi di Papua.

Bantuan itu diharapkan dapat bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi yang lebih bagi penerima. PLN juga terus berupaya untuk mencari solusi terbaik bagi masyarakat, terutama yang belum terlistriki di daerah-daerah terpencil. Tujuannya, agar seluruh masyarakat Papua dapat menikmati listrik tanpa terkecuali.

(indra/sam)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *