Polisi Alumni Ponpes Gontor, Naik Kuda ke Lereng Gunung Mengajar Bahasa Arab

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Seorang Polisi Alumni santri Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, mengajari anak-anak mengaji dan Bahasa Arab, ke pelosok desa di lereng Gunung Raung.

Dengan menaiki kuda, Briptu Achmad Sofyan Ubaidillah, berangkat menularkan ilmu yang dia dapat dari Ponpes, kepada anak-anak desa.

Bacaan Lainnya

Pria yang angkrab disapa Sofyan bertugas di Polsek Ledokombo, sebagai Bhabinkamtibmas Desa Slateng, Ledokombo.

Sofyan menyisihkan waktu, menemui anak-anak di Ponpes maupun di pedesaan, tanpa mendapat sepeserpun gaji atau imbalan.

“Saya berharap kepada pemerintah diatas, agar memberikan sanitasi di wilayah ini, karena sangat dibutuhkan,” kata Sofyan.

Kapolsek Ledokombo Iptu Setyo Budi mengakui, jika anggotanya memang santri lulusan Ponpes Gontor.

Dimasa Covid-19, selain mengajar mengaji dan Bahasa Arab, Sofyan juga melakukan imbauan vaksinasi terhadap masyarakat yang bermukim di pelosok lereng Gunung Raung.

“Karena medan sulit dijangkau kendaraan bermotor, sehingga menggunakan kuda sebagai transportasi, yang disediakan Ponpes,” jelas Budi.

Selain mengajar mengaji dan bahasa Arab, Sofyan juga mengajarkan santri berkebun dan beternak kambing.

“Sehingga bila santri lulus dan keluar dari Pondok, memiliki keterampilan untuk dikembangkan di tempat asalnya,” ucapnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait