Presiden Jokowi Bakal Siapkan 700 Ribu Hektar Lahan, Guna Swasembada Gula Nasional

  • Whatsapp

MOJOKERTO, Beritalima.com- Untuk menyiapkan kebutuhan 90 persen gula nasional, pemerintah Indonesia telah meyiapkan lahan pekebunan untuk tanaman tebu seluas 700 ribu hektar.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan peninjauan tanaman tebu di Dusun Temugiring, Desa Batankrajan, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Jumat (4/11/2022)

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan, dalam jangka waktu Lima Tahun dirinya yakin Indonesia bakal menjadi negara swasembada gula

“Untuk memwujudkan itu kita akan siapkan lahan seluas sekitar 700 ribu hektar, dan saat ini baru tersedia 180 ribu hektar yang berlokasi di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat dan tidak menutup kemungkinan akan lari ke luar Pulau Jawa, karena di luar Jawa masih tersedia lahan yang cukup” kata Jokowi.

Sementara, saat melihat langsung proses penanaman tebu di kebun tebu milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X mengatakan, bahwa tanah disini sangat bagus sekali untuk ditanami tebu.

“Karena tanaman tebu di sini tidak perlu adanya pemupukan untuk yang mitrat maupun potas karena tanahnya sudah subur” jelas Jokowi.

Itu terbukti, lanjut Presiden Jokowi, dari tanaman tebu yang ditanam 26 hari lalu hasilnya luar biasa, kalau di tanah brasi biasanya nonggolnya Satu atau Dua, tapi disini bisa Empat hingga Lima ini sesuatu yang sangat luar biasa.

” sehingga kalau kita betul-betul bisa menyiapkan 700 ribu hektar kita akan mandiri kita akan swasembada gula” ujar Presiden Jokowi.

Dalam kunjungan tersebut. Presiden Jokowi di dampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Wakil Menteri 1 BUMN, Pahala Mansury, Wakil Gubernur Jatim Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc dan Wakil Bupati Mojokerto dr H. Muhammad Albarra Lc, M.hum.(Kar)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait