Provinsi NTB, Terinovatif, Diagendakan Terima Langsung IGA Award 2021

  • Whatsapp

Mataram NTB,Berita Lima.com.
Berdasarkan Radiogram Kemendagri Nomor : 002.6/7266/SJ, Tanggal 27 Desember 2021, Tentang : Undangan Penerima Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2021. Gubernur Provinsi NTB Dr. H. Zulkieflimansyah direncanakan akan menerima secara langsung penghargaan sebagai Pemerintah daerah terinovatif Klaster Provinsi Penghargaan IGA Tahun 2021 pada.

“Alhamdulillah Pemprov NTB ditetapkan sebagai Pemerintah Daerah Terinovatif klaster Provinsi. Insyaallah besok penghargaan akan diserahkan langsung oleh Mendagri kepada Gubernur NTB di Jakarta,” tutur Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M saat diwawancarai di Ruang Kerja Diskominfotik NTB, Selasa (28/12).

Sebanyak 39 pemerintah daerah (Pemda) masuk Nominator Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021. Adapun ke 39 Pemda tersebut telah dibagi ke dalam beberapa klaster, yakni 7 Pemerintah Provinsi, 12 Pemerintah Kota, 12 Pemerintah Kabupaten, 5 Pemda di daerah perbatasan, serta 3 Pemda di daerah tertinggal.

Nominator pada klaster provinsi adalah Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat, dan Jambi.

Ketujuh Provinsi itu adalah Provinsi yang masuk dalam kategori sangat inovatif. Dan Pemprov NTB terpilih menjadi *Pemda Terinovatif* setelah melalui tahapan penjurian dan finalnya paparan presentasi kepala daerah dihadapan dewan juri yang ditetapkan Kemwndagri beberapa waktu yang lalu.

Sementara nominator pada klaster kabupaten yaitu Banyuwangi, Wonogiri, Bogor, Muara Enim, Lampung Barat, Tabalong, Indragiri Hilir, Tanggamus, Musi Rawas, Tegal, Hulu Sungai Selatan, dan Bojonegoro.

Sedangkan nominator pada klaster kota, yaitu Singkawang, Surabaya, Padang Panjang, Cimahi, Yogyakarta, Tangerang, Mojokerto, Probolinggo, Pariaman, Bandung, Pekanbaru, dan Makassar. Kemudian, nominator pada klaster daerah perbatasan yakni Kabupaten Pulau Morotai, Kabupaten Sambas, Kabupaten Bintan, Kabupaten Sanggau, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Pemerintah Provinsi NTB sendiri berhasil menyisihkan nominator lain dan meraih kluster Provinsi Terinovatif. Selain itu, Pemda lain yang berhasil meraih penghargaan serupa antara lain Kabupaten Tabalong, Kota Pariaman, Kabupaten sambas, dan Kabupaten Sumba Timur.

Penilaian inovasi daerah dan pemberian penghargaan IGA ini dilakukan melalui empat tahapan, yakni tahapan penjaringan, tahapan pengukuran, tahapan penilaian, validasi lapangan, hingga penetapan dan pemberian penghargaan. (diskm)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait