Psoriasis Kenapa Harus Takut?

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Suatu hari bertamu ke rumah Pak Sandy melihat tangan anda gadis kok ada bercak putih bersisik dari lenfan bawah naik ke atas,lalu ssya bertanya kenapa gitu katabta sakit Psoriasis dansedang dirawat dokter kulit, begitu pula istri Pak Effendy yang muka ada bercak putih juga karena Penyakit Psoriasis, rasanya penyakit ini banyak ditemukan pada masyarakat, mari kita bahas bersama….

Psoriasis adalah penyakit peradangan kronis dan bersifat autoimun (penyakit yang muncul sebagai akibat dari reaksi sistem kekebalan atau sistem imun tubuh) yang terjadi pada kulit yang ditandai dengan bercak putih, perak, atau merah bersisik tebal di berbagai bagian tubuh terutama pada kaki, punggung bawah, lutut, siku, tangan, dan kulit kepala. Penyakit tidak menular ini biasanya terjadi pada orang dewasa, walaupun ada juga beberapa kasus pada anak-anak dan remaja.

Gangguan pada kulit ini dipicu oleh faktor lingkungan, serangan kekebalan tubuh (autoimun) karena jumlah limfosit yang tidak normal, dan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif. Psoriasis diduga disebabkan oleh proliferasi atau penyebaran sel-sel kulit yang sangat cepat. Psoriasis dapat bersifat ringan, sedang, ataupun berat. Meskipun pasien dengan kasus ringan hampir tidak tgejalanya, pasien yang menderita kasus yang lebih parah akan memperlihatkan gejala seperti kulit tebal, merah, dan bersisik pada seluruh tubuh mereka.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang dengan Psoriasis memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung, diabetes, dan penyakit darah tinggi atau hipertensi.

ETIOLOGY PSORIASIS
1. Penyebab pasti Psoriasis masih belum diketahui.
2. penyakit ini merupakan penyakit turunan.
Akan tetapi, belum dapat ditentukan apakah faktor genetik adalah satu-satunya yang menyebabkan munculnya Psoriasis. Para dokter masih lebih percaya bahwa Psoriasis disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif sehingga menghasilkan kulit baru yang berkembang lebih cepat dari biasanya. Karena lapisan kulit yang lama membutuhkan lebih banyak waktu untuk terkelupas, munculnya kulit baru ini menyebabkan penebalan pada kulit.

FAKTOR PENYEBAB LAIN
1. cedera pada kulit,
2. paparan langsung sinar matahari,
3. HIV
4. Obat-obatan tertentu seperti beta-blocker
5. infeksi streptokokus.
6. perubahan hormon, alkohol, merokok, dan stres emosional

TANDA PSORIASIS
1. Psoriasis plak :Psoriasis plak atau psoriasis vulgaris merupakan jenis psoriasis yang paling umum.
A. Bercak merah pada kulit dengan sisik tebal berwarna perak.
B. Lapisan kering, tipis, dan berwarna putih keperakan yang menutupi plak.
C. Paling sering muncul di kulit kepala, siku, lutut, dan punggung bawah.
D. Kulit kering dan pecah-pecah hingga berdarah.
1. Rasa gatal dan terbakar pada area yang terkena.

2. Psoriasis kuku
A. Lekukan kecil di kuku.
B. Kuku yang kasar, menebal, dan cenderung rusak.
C. Munculnya tumpukan sel kulit di bawah kuku.
D. Munculnya warna putih, kuning, atau cokelat di bawah kuku.

3. Psoriasis gutata :Psoriasis gutata atau gutata adalah psoriasis yang sering muncul pada anak-anak sampai remaja. Biasanya kondisi psoriasis seperti ini dipicu oleh infeksi bakteri seperti radang tenggorokan.Jenis ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil di kulit secara tiba-tiba. Biasanya benjolan menutupi sebagian besar tubuh, kaki, dan lengan. Benjolan kadang juga muncul di wajah, kulit kepala, dan telinga.Benjolan yang muncul kerap bersisik dan berwarna merah muda. Namun, teksturnya tidak setebal plak pada psoriasis vulgaris.

4. Psoriasis inversa (terbalik) :Jenis ini biasanya muncul dan berkembang di area kulit yang saling menempel seperti ketiak, alat kelamin, dan lipatan bokong. Umumnya, psoriasis inversa dipicu oleh infeksi jamur di kulit.
A. Bercak merah yang terlihat halus di kulit.
B. Peradangan pada kulit yang akan memburuk saat bergesekan dan berkeringat.
C. Munculnya lapisan putih keperakan yang sangat tipis.
D. Kulit terasa sakit.

5. Psoriasis pustulosa :Psoriasis pustulosa biasanya ditandai dengan berbagai gejala seperti kulit merah dan bengkak yang disertai benjolan berisi nanah, nyeri yang terasa pada kulit, dan munculnya titik-titik cokelat saat benjolan mengering.Psoriasis pustular membuat pengidapnya mengalami rasa sakit saat beraktivitas terutama yang menggunakan tangan atau kakinya.q

5. Psoriasis eritrodermik :Psoriasis eritroderma adalah kasus langka yang paling jarang menyerang. Masalah kesehatan yang satu ini biasanya membuat tumbuh dipenuhi dengan ruam merah mengelupas yang gatal dan terasa seperti terbakar.

6. Psoriasis arthritis
Selain peradangan pada kulit, psoriasis arthritis biasanya membuat sendi bengkak dan nyeri. Penyakit ini bisa menyerang sendi mana pun di tubuh. Meski tidak melumpuhkan, jenis yang satu ini bisa membuat sendi kaku dan rusak secara bertahap. Akibatnya, seseorang berisiko tinggi terkena kelainan bentuk sendi secara permanen.

Terkadang, gejala penyakit psoriasis sulit dibedakan dengan penyakit infeksi jamur. Padahal bila diamati lebih jelas, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya.Ciri khas psoriasis adalah munculnya sisik berwarna keperakan, yang mana hal ini tidak muncul pada bercak yang disebabkan oleh infeksi jamur. Selain itu, bagian tengah pada lesi dari infeksi jamur kerap terlihat bersih, sedangkan bagian pinggirannya masih terlihat aktif dan terasa gatal. Hal ini juga kerap disebut central healing.

GEJALA UMUM PSORIASIS :
1. Kulit yang memerah akan terasa tebal kering dan bersisik.
2. Kulit pecah-pecah dan terkadang berdarah.
3. Kuku menebal dengan tekstur yang tidak rata.
4. Sendi terasa bengkak dan kaku.

Psoriasis tampak seperti bercak bersisik tebal berwarna merah, putih, atau perak yang muncul di bagian manapun pada tubuh. Munculnya Psoriasis berbeda menurut jenisnya:

1. Psoriasis vulgaris ditandai oleh bercak kulit kemerahan dengan sisik perak di atasnya. Psoriasis jenis ini menyebabkan gatal pada kulit gatal dan dalam beberapa kasus menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

2. Guttate psoriasis digambarkan sebagai bercak kecil bersisik merah pada setiap bagian tubuh.

3. Inverse psoriasis ditandai oleh bercak yang kebanyakan ditemui di ketiak, selangkangan, daerah payudara, alat kelamin, dan pantat. Meskipun tidak mengakibatkan sisik, tetapi jenis ini menyebabkan peradangan merah pada kulit.

4. Pustular psoriasis adalah salah satu jenis yang paling menyakitkan dan ditandai dengan lepuhan kekuningan penuh dengan nanah.

Psoriasis juga dapat muncul pada kulit kepala. Orang sering salah mengira psoriasis ini sebagai ketombe. Penebalan kulit yang muncul berbentuk serpihan bersisik merah pada kulit.

KEAHLIAN YANG HARUS DITEMUI
1. Dokter kulit yang mengkhususkan diri dalam penyakit kulit
2. Rheumatologist jika psoriasis Anda mempengaruhi sendi Anda
3. Ahli patologi yang memonitor perkembangan Psoriasis
4. Ahli penyakit dalam jika psoriasismempengaruhi organ-organ vital
5. Ahli gizi yang menyediakan rencana diet untuk mengontrol penyakit

FAKOR RESIKO PSORIASIS
1. Adanya pengaruh lingkungan dan faktor gen.
2. Faktor keturunan.
3. Adanya infeksi tenggorokan.
4. Cedera pada kulit.
5. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol.
6. Mengonsumsi obat-obatan tekanan darah tinggi serta obat antimalaria.

KOMPLIKASI
1. hipertensi,
2. diabetes tipe 2,
3. penyakit ginjal,
4. sindrom metabolik (hiperglikemia, dislipidemia, atau obesitas), serta
5. penyakit autoimun lainnya.
PENGOBATAN :
1. Memberikan obat oles atau krim.
2. Melakukan terapi cahaya.

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang terjadi karena ada peradangan pada kulit. Peradangan kemudian menyebabkan kulit bersisik, menebal, terasa gatal, serta mudah terkelupas. Psoriasis bisa terjadi pada siapa saja, bahkan bisa menyerang bayi yang umumnya disebabkan karena faktor genetik. Peradangan biasanya muncul pada kulit di bagian lulut, siku, punggung bawah, serta kulit kepala. Psoriasis sendiri memiliki banyak jenis, tetapi psoriasis plak merupakan jenis psoriasis yang sering terjadi, dengan ciri khas berupa adanya bercak kemerahan yang sedikit menonjol pada kulit. Psoriasis sering diawali dengan terbentuknya sebuah benjolan kecil yang terus memburuk dan akhirnya dilapisi oleh sisik-sisik putih, yang membuat kulit tampak bersisik dan mengelupas.sekilas info dan terimakasih
RobertoNews 1630 《28.11.22 (06.30)》
• Praktisi Dokter dan Penukus Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait