PT BSI Hadir Bantu Masyarakat Dalam Program PTSL

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Kepedulian operator tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI) terhadap masyarakat sekitar memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Jangankan dalam program infrastuktur atau pemberdayaan masyarakat. Pada kegiatan serah terima sertifikat PTSL pun anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk hadir membantu.

Seperti yang dilakukan saat serah terima sertifikat PTSL tahap 3 Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu, 18 Oktober 2023 lalu.

Bacaan Lainnya

Disitu, pelaku investasi di gunung Tumpang Pitu, membantu menyediakan tenda dan kursi. Bantuan tersebut diberikan sesuai dengan kebutuhan serta permintaan Pemerintah Desa Sumberagung.

“Pendopo Kantor Desa Sumberagung, tidak muat. Karena warga yang mau mengambil sertifikat cukup banyak, jadi kita minta bantuan perusahaan. Dan terima kasih kami selalu dibantu,” ucap Kepala Desa (Kades) Sumberagung, Vivin Agustin, Sabtu (21/10/2023).

Dalam serah terima sertifikat PTSL tahap 3 Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banyuwangi, menyerahkan 1.750 sertifikat. Dengan begitu, total masyarakat setempat yang menerima sertifikat sebanyak 5.350 orang.

“Ditambah 102 sertifikat yang dimohonkan oleh warga dari luar Desa Sumberagung atau luar Kecamatan Pesanggaran,” imbuh Sekretaris Desa Sumberagung, Sugeng, SH.

Atas bantuan PT BSI, lanjutnya, pihaknya merasa sangat terbantu.Dia berharap sinergi yang telah terbangun baik bisa terus berlanjut untuk kesejahteraan masyarakat.

Sugeng menjabarkan, keberadaan tambang emas PT BSI, telah banyak memberi manfaat kepada masyarakat di Desa Sumberagung. Manfaat biasa diterima pihak pemerintah desa serta masyarakat melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), atau yang banyak disebut sebagai Corporate Social Responsibility (CSR).

“Manfaatnya bukan saja dirasakan oleh masyarakat Desa Sumberagung. Akan tetapi, juga empat desa lain di Kecamatan Pesanggaran, yaitu Desa Pesanggaran, Sumbermulyo, Kandangan dan Sarongan, serta Kabupaten Banyuwangi, pada umumnya,” beber Sugeng.

Investasi tambang emas di Tujuh Bukit Operation, masih Sugeng, memiliki peran cukup besar dalam percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Khususnya diwilayah ring satu Kecamatan Pesanggaran.

“Data karyawan PT BSI per September 2023, jumlah karyawan dari warga lokal sebanyak 2.487 orang atau 71 persen dari total karyawan,” ungkapnya.

Perlu diketahui, wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, memang merupakan lokasi investasi PT BSI, selaku pemegang izin Usaha Pertambangan Operasi Prodüksi (IUP OP) Emas dan Mineral Pengikutnya, Nomor 188/547/KEP/429.011/2012.

Wilayah Kecamatan Pesanggaran, meliputi Desa Kandangan, Sarongan, Sumberagung, Sumbermulyo dan Pesanggaran.

Anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk tersebut telah dinyatakan sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas) sesuai Kepmen ESDM Nomor 159.K/90/MEM/2020. Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN ini operasi prodüksi di Deşa Sumberagung, Kecamatan pesanggaran, Banyuwangi.

Sebagai pelaku investasi, PT BSI memang terus meneguhkan komitmennya kepada masyarakat. Program PPM terus digelontorkan dengan 8 program utama. Program PT BSI itu meliputi program bidang pendidikan, kesehatan, tingkat pendapatan riil atau pekerjaan, kemandirian ekonomi, sosial budaya, lingkungan, pembentukan lembaga komunitas dan infrastruktur. (bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait