PT BSI Kembali Raih Penghargaan Dari BPJS Ketenagakerjaan Banyuwangi

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima com – PT Bumi Suksesindo (PT BSI) kembali meraih penghargaan bergengsi. Kali ini, anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk (PT MCG), mendapat penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan Banyuwangi, Jawa Timur.

Perusahaan tambang emas di Gunung Tumpang Pitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, tersebut diberi anugerah atas partisipasinya dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan di Kabupaten Banyuwangi. Khususnya mereka yang berdomisili disekitar perusahaan.

Bacaan Lainnya

“Sebagian besar penerimanya adalah masyarakat ring 1 kita (wilayah Kecamatan Pesanggaran). Ini merupakan komitmen PT BSI sebagai realisasi program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM),” kata Manager Human Resources and General Affairs PT BSI, Indra Permana, Kamis (21/12/2023).

Prosesi serah terima penghargaan dilakukan langsung oleh Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Banyuwangi, Eneng Siti Hasanah, kepada Manager Human Resources and General Affairs PT BSI, Indra Permana, di Auditorium Hotel Aston Banyuwangi, Senin, 18 Desember 2023 lalu.

Indra Permana menjelaskan, pekerja rentan yang dimaksud adalah pekerja sektor informal dengan kondisi kerja jauh dari nilai standar. Memiliki resiko tinggi dan berpenghasilan sangat minim. Sebagai contoh, nelayan, petani, buruh harian dan pedagang kaki lima. Atau pekerja lain yang tidak menerima upah dari perusahaan dan tempat kerja.

Untuk jumlah pekerja rentan yang menerima bantuan dari PT BSI berjumlah sekitar 3.000 orang. Dengan rincian, 80 persen adalah warga ring 1 Kecamatan Pesanggaran. Sedang sisanya, pekerja rentan asal luar Kecamatan Pesanggaran.

“Pada 2023 ini, PT BSI membayarkan iuran jaminan sosial untuk para pekerja rentan dari sekitar perusahaan sebesar Rp250 juta kepada BPJS Ketenagakejaan Banyuwangi,” cetusnya.

Seperti diketahui, BPJS Ketenagakerjaan merupakan bentuk pelindungan sosial ekonomi bagi pekerja. Manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh pekerja itu sendiri, tetapi juga oleh keluarganya. Tugas dan fungsinya untuk menyelenggarakan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan melalui 5 Program, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kematian (JKM).

Mewakili perusahaan, Indra Permana, mengaku sangat senang dan bangga. Karena dalam hal ini, PT BSI telah ikut andil dalam mendorong kesejahteraan masyarakat Banyuwangi. Khususnya Masyarakat pekerja rentan dari lingkar tambang melalui program perlindungan ketenagakerjaan.

“Mudah-mudahan PT BSI bisa terus memberikan manfaat bagi masyarakat lingkar tambang dan meningkatkan kesejahteraannya,” ujar Indra Permana. (Bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait