PT Merdeka Copper Gold Terapkan Konsep Pemberdayaan Sinergi Berbagi Manfaat

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – PT Merdeka Copper Gold dalam penerapan Konsep Pemberdayaan Sinergi Manfaat Makin diminati Masyarakat Banyuwangi, khususnya Masyarakat Pesanggaran yang menjadi ring satu.

Oleh induk perusahaan tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI), konsep ini diterapkan pada program bedah rumah. Dimana masyarakat melalui Kelompok Masyarakat (Pokmas), bisa mengajukan rumah warga ekonomi kurang beruntung untuk dibedah menjadi lebih layak huni.

Bacaan Lainnya

Jadi, begitu program berjalan. Masyarakat anggota Pokmas bisa diberdayakan atau bekerja saat proses bedah rumah. Sedang, warga penerima program akan mendapat manfaat dari perusahaan berupa perbaikan tempat tinggal.

“Jadi dengan konsep ini, masyarakat anggota Pokmas akan mendapatkan hak upah pekerjaan, penerima program bedah rumah bisa memiliki tempat tinggal yang layak, dan perusahaan merasa sangat terbantu,” ucap Pendamping CSR PT Merdeka Copper Gold Tbk, Anang Supriadi, Kamis (15/9/2022).

Konsep penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR) yang sarat edukasi kepedulian dan kekompakan, cukup diminati masyarakat. Melalui masing-masing Pokmas, mereka mendatangi perwakilan perusahaan guna mengajukan program bedah rumah.

Seperti yang dilakukan perwakilan Pokmas Mekar Sari, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, pada Kamis (15/9/2022). Mereka menemui Anang untuk mengajukan proram bedah rumah milik Sugiyanto, di RT 05 RW 01, Dusun Pancer. Konsep pemberdayaan sinergi berbagi manfaat yang diterapkan PT Merdeka Copper Gold Tbk, dinilai mampu membawa dampak positif ditengah masyarakat.

“Kami mendukung konsep-konsep pelaku investasi yang mampu membawa manfaat nyata kepada masyarakat,” kata Ketua Pokmas Mekar Sari, Feri Sudarsono alias Sukro.

Menurutnya, bersinergi dalam penyaluran CSR PT Merdeka Copper Gold Tbk, bukan saja memberi keuntungan materi. Tapi juga bisa menumbuhkan kepekaan sosial.

“Kita bisa berbuat baik kepada tetangga, saudara, yang memiliki rumah kurang layak. Kita ajukan, setelah direalisasi, kita yang bekerja,” cetusnya.

Sementara itu, Konsultan PT Merdeka Copper Gold Tbk, H Caesar Muhni Rizal menyampaikan bahwa konsep pemberdayaan sinergi berbagi manfaat sengaja diterapkan sebagai wujud iktikad baik perusahaan kepada masyarakat sekitar. Karena disini terdapat edukasi, kepedulian, kekompakan serta motivasi untuk terus berkarya.

“Disini masyarakat kita ajak untuk lebih peduli dengan tetangga, kerabat dan saudara, yang memiliki rumah dengan kondisi kurang layak,” ucapnya.

Dengan begitu, lanjutnya, perusahaan juga sangat terbantu. Lantaran masyarakat yang menjadi ujung tombak dalam optimalisasi program bedah rumah. Dengan kata lain, masyarakat menjadi pihak yang lebih aktif membantu perusahaan dalam merumuskan sasaran program.

“Jadi, perusahaan tinggal melakukan supervisi cek lapangan. Begitu sesuai, program akan dijalankan,” beber Eca, sapaan H Caesar Muhni Rizal.

Ditambahkan, khusus untuk program bedah rumah sampai saat ini PT Merdeka Copper Gold Tbk, telah bersinergi dengan 5 Pokmas. Dengan rincian, 4 Pokmas dari Desa Sumberagung dan 1 Pokmas dari Desa Pesanggaran.

Selain program bedah rumah, induk perusahaan tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI) memang terus berbagi manfaat kepada masyarakat sekitar. Berbagai program terus digulirkan. Dengan program yang menyasar 4 sektor. Yakni sektor pendidikan, kesehatan, pembangunan insfrastuktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Untuk diketahui, PT BSI ini adalah anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk. (bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait