Puan Ajak Mahasiswa Berperan Hadapai Satu Abad Indonesia Merdeka

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak mahasiswa untuk berperan dengan membantu Indonesia kembali berjaya setelah pandemi Covid-19. Indonesia menaruh harapan besar di pundak generasi muda.

Ini dikatakan Puan pada Kegiatan Mahasiswa Baru (Kamaba) Universitas Indonesia (UI) di Jakarta akhir pekan ini. Puan hadir secara virtual dalam penyambutan mahasiswa baru Kampus Kuning itu bertemakan ‘Fungsi dan Peran Legislatif Dalam Menunjang Optimalisasi Pemanfaatan Potensi Bangsa Demi Terwujudnya Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia’.

“Saya mengucapkan selamat kepada para mahasiswa mahasiswi baru yang sudah menjadi bagian dari Universitas Indonesia. Sekarang kalian bisa dengan bangga mengatakan, We are the yellow jackets,” kata Puan.

Untuk itu, ia mengajak semua pihak, termasuk mahasiswa bergotong royong mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Gtong royong DPR RI, Pemerintah, akademisi, generasi muda, pemuka agama, pengusaha dan seluruh komponen sangat dibutuhkan Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19.”

Menyinggung rasa bangga menjadi mahasiswa UI menurut Puan, meski di era sekarang, pengalaman yang dirasakan agak berbeda dari generasi sebelumnya akibat pandemi, namun ada keunikan yang dirasakan generasi mahasiswa saat ini.

“Generasi saat ini ada kebebasan mendapat ilmu, ada kemerdekaan untuk belaja, tidak lagi dibatasi secara ruang fisik. Dan, saya apresiasi apa yang telah dilakukan UI untuk menerapkan program Kampus Merdeka sebagai jawaban atas tantangan zaman,” kata dia.

Dia meminta agar mahasiswa memaksimalkan keunggulan generasi milenial. Sebab generasi muda akan menjadi para decision makers untuk Indonesia ke depan. “Meyadari kalian bagian dari generasi tahun 2045 atau saat Indonesia berumur 100 tahun, kalian-lah yang akan mengambil keputusan-keputusan penting, yang dapat melahirkan era baru kejayaan Indonesia.”

Dikatakan, kehidupan kampus langkah awal babak baru perjalanan hidup anak muda untuk mewujudkan cita-cita pribadi dan keluarga. Cita-cita generasi muda disebut bagian dari cita-cita besar bangsa Indonesia.

Cita-cita bangsa Indonesia itu, kata Puan, hanya akan terwujud ketika cita-cita dari generasi muda tercapai. Salah satu cita-cita terwujudnya kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang memerlukan usaha besar, gotong royong bagi semua.

Indonesia mempunyai 2 sumber daya besar untuk mewujudkan cita-cita bangsa, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk generasi muda, dan Sumber Daya Alam (SDA) melimpah. Limapuluh dua persen dari total penduduk Indonesia adalah generasi muda dengan rincian 27 persen Generasi Z dan 25 persen generasi milenial.

Meski begitu, Puan menilai diperlukan pembangunan Indonesia dengan terus memperkuat Nation and Character Building. Agar lahir manusia-Indonesia yang menghormati nilai luhur budaya bangsa, memahami akar kepribadian bangsa yang ramah, toleran, religius dan bergotong-royong, DPR RI terus memaksimalkan kerja dalam tiga aspek dari nation and character building; pembangunan kualitas hidup manusia, pembangunan kapabilitas manusia dan pembangunan karakter manusia Indonesia.

Contoh, berbagai anggaran telah dialokasikan negara untuk bantuan sosial dan insentif bagi masyarakat menghadapi Pandemi Covid-19 itu adalah hasil dari pembahasan DPR RI bersama Pemerintah.

Untuk memaksimalkan SDA, DPR RI memperhatikan aspek sustainability – kelangsungan dari pemanfaatannya. Yaitu, melalui fungsi legislasi, DPR telah membuat berbagai aturan terkait pengelolaan SDA disesuaikan dengan amanat konstitusi. Dengan melaksanakan fungsi pengawasan, DPR RI melihat perlu update atau pembaharuan berbagai UU dan peraturan terkait pengelolaan SDA.

Mengapa? “Karena beberapa Undang-Undang sektoral dalam pengelolaan sumber daya alam tersebut sudah dimasukkan ke dalam daftar Program Legislasi Nasional Periode 2020-2024, yang sudah direncanakan oleh DPR RI untuk dibahas bersama Pemerintah,” jelas Puan. (akhir)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait