Tiba di Rote Ndao, LaNyalla Awali Kunker Dengan Ziarah ke Makam Raja Termanu

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti sejak akhir pekan ini melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diawali ziarah ke kompleks kuburan Raja-Raja Termanu.

 

LaNyalla bersama rombongan tiba di Pulau Rote, Sabtu (28/8) pagi.
Dalam kunjungan ke Pulau Rote, LaNyalla didampingi Senator Bustami Zainuddin (Lampung), Andi Muh Ihsan (Sulsel) dan Angelius Wake Kako (NTT).

“Saya berharap bisa menyerap banyak aspirasi dari kunjungan kerja di Pulau Rote ini, agar kita bisa memberikan solusi terbaik,” kata LaNyalla.

 

Kegiatan pertama LaNyalla dan rombongan saat di Pulau Rote berziarah ke Kuburan Raja-Raja Kerajaan Termanu.

Di sini, LaNyalla mendapat keterangan mengenai komplek kuburan dari Raja Termanu Vicoas Amalo.

“Peran kerajaan nusantara terhadap NKRI tak kecil. Sebab itu, kita akan berupaya agar pemerintah memberikan pertanian dan turut melestarikan kerajaan-kerajaan di Nusantara,” tutur dia.

 

Kompleks makam yang menghadap ke Laut Timor ini, merupakan tempat peristirahatan terakhir dua Raja Lole, yaitu Raja keempat bernama Kila Pelo dan anak keduanya yang menjadi Raja Lole dengan nama Pau Kila.

 

Di kompleks ini, terdapat kuburan Raja dan keluarga, ada juga kuburan pembantu, pengawal Raja. Namun, ada pembatas antara kuburan raja dan pembantu/pengawal dengan menggunakan batu.

Kuburan ini dibuat dengan batu nisan di sebelah barat dan badan kubur di sebelah Timur.

Tingginya dibuat berdasarkan status.

Ada tujuh kuburan yang masih bisa terlihat jelas, dan ada beberapa yang sudah runtuh akibat serangan alam. Batu-batu pembatas kuburan keluarga Raja dan pembantu serta pengawal tidak tampak tarlalu jelas dan hampir rata dengan tanah.

 

LaNyalla berharap makam-makam ini bisa dijaga kelestariannya. “Bila perlu dikelola dengan baik agar bisa menjadi destinasi wisata sehingga ada nilai tambah. Dan, ini akan bermanfaat buat Rote Ndao dan juga untuk kerajaaan,” kata LaNyalla.

Raja Termanu, Vicoas Amalo mengaku bangga dan angkat topi terhadap ketua DPD RI. Dengan khidmat ketua DPD RI melakukan ziarah dengan menabur bunga.

“Kami sekarang seperti sudah seperti punya ayah di Republik ini yakni Pak LaNyalla. Terima kasih Pak mau hadir di Rote. Dengan kunjungan ini membuat kami semakin mantap bahwa kerajaan-kerajaan di Indonesia akan tetap eksis dan terus mewariskan budaya dari Kerajaan untuk Indonesia,” kata Raja Termanu. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait