Puluhan Anak-Anak Keracunan Makanan

  • Whatsapp

Timika,beritalima.com. Bertempat di SP 2 Jalur 2 Jalan Rambutan Timika Kabupaten Timika Papua, telah terjadi kasus keracuanan makan yang diduga berasal dari makanan yang disajikan saat pesta ulang tahun, Minguu (28/02).

Pukul 07.00 WIT Saptu (27/02), dari keterangan saksi an. Ani saat itu ikut memasak bersama pemilik rumah dan tetangga lainnya untuk acara Ulang Tahun dirumah saudara Sakir bertepatan dengan 2 tahun kelahiran anaknya yang an. Sofia.

Pukul 14.00 WIT, acara dilaksanakan dengan dihadiri sekitar 40 – 50 orang yang terdiri dari orang tua dan anak-anak.

beritalima.com

Pukul 16.00 WIT setelah acara, tamu undangan melaksanakan makan bersama dengan hidangan yang dipersiapkan tuan rumah dalam bentuk prasmanan. Setelah selesai santap hidangan kemudian tamu yang hadir diberikan masing-masing bingkisan berupa nasi kuning dalam mika.

Pukul 20.00 WIT, saksi kaget mendengar kegaduhan karena anak-anak yang datang ke pesta ulang tahun banyak yang mengalami muntah dan dilarikan ke rumah sakit.

beritalima.com

Pukul 20.30 WIT mendapat laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi keracunan, selanjutnya gabungan Personel Polres Timika dibackup Polsek Mimika Baru langsung mendatangi TKP dan membantu mengevakuasi korban ke Rumah Sakit serta klinik terdekat.

Pukul 21.00 WIT, para korban yang sudah berada di RSMM, RS Candra, dan Klinik Medicine selanjutnya menjalani perawatan.

Kapolres Timika mendatangi para korban di RSMM untuk mengecek secara langsung kondisi para korban keracunan makanan, Kasus tersebut dalam penanganan Satuan Reskrim Polres Timika.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH. mengatakan, dari kejadian tersebut pihak penyelenggara dan saksi sudah dimintai keterangan, sampel makanan juga telah diamankan untuk dilakukan pengujian.

Korban dari kejadian tersebut sebanyak 47 orang terdiri dari anak-anak sebanyak 35 orang dan 12 orang dewasa. Saat ini para korban telah dirawat di RS. Mitra Masyarakat, RS. Candra dan Klinik Medicine Center.

“Kepada seluruh masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi untuk mengganggu stabilitas keamanan di Kabupaten Timika,”kata Kabid Humas.

Kabid Humas nenambahkan, kejadian ini menjadi pelajaran kita semua agar para penyelenggara acara untuk lebih mengawasi lagi terkait konsumsi yang akan disajikan kepada tamu undangan agar aman saat dikonsumsi.

Pihak kepolisian akan bekerjasama dengan pihak terkait, untuk mengetahui penyebab terjadinya kejadian tersebut.

(Timika/lasati)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait