RAT Koperasi Gapeksindo Jatim Disemarakkan Penganugerahan “Kosigatra Award Jatim” 2017

  • Whatsapp

SURABAYA — Rapat Anggota Tahunan (RAT ke 2) Koperasi Gapeksindo Sejahtera Jawa Timur (KOSIGATRA) berlangsung, Rabu, 23 Agustus 2017, di Graha Gapeksindo lantai 3. Surabaya.
RAT ini diikuti pengurus dan perwakilan anggota dati 38 kabupaten/kota se Jatim.

Ketua KOSIGATRA, Ir Gatut Prasetiyo MBA, mengatakan, salah satu acara, yang diagendakan dalam RAT ini adalah penyerahan penghargaan bernama “KOSIGATRA AWARD”. Penggargaan itu, diberikan kepada beberapa anggota dan mitra Kosigatra, yang telah ikut membesarkan dan berkontribusi kepada Kosigatra, secara signifikan.

Tujuan penganugerahan award ini, ujar Gatut, agar para anggota lainnya lebih mempunyai semangat kebersamaan untuk lebih mebesarkan Kosigatra. Serta menunjukkan bahwa pengurus Kosigatra sungguh menjalankan koperasi dengan baik dan benar.

Selain itu, diharapkan agar bermanfaat bagi anggota dan kegiatan ekonomi bagi masyarakat di luar koperasi.

KOSIGATRA Award 2017 diserahkan oleh Ketua KOSIGATRA, Ir Gatut Prasetiyo MBA, didampingi oleh Dinas Koperasi Jawa Timur, kepada 3 mitra terbaiknya.

Mitra Terbaik I, adalah DPC Gapeksindo Kabupaten/Kota Kediri
Mitra Terbaik II, adalah DPC Gapeksindo Malang Raya
Anggota terbaik dalam kontribusi, adalah Marsono, dari DPC Kabupaten Sidoarjo.

Gatut mengungkapkan, pada awal berdirinya, aset Kosigatra Rp 400 juta. Target beberapa tahun ke depan menjadi Rp 1 miliar. Pengelolaan dana koperasi, agar tidak mudah defisit atau merugi terus, karena pinjaman sering tidak kembali, maka dilakukan petubagan sistem.

Pada dasarnya aset yang ada sekitar 30% dimanfaatkan untuk simpan pinjam anggota, sedangkan yang 30% digunakan untuk bisnis lainnya, seperti trading, pasar uang, saham, atau jasa lainnya.

Nah yang 40%, adalah berupa aset tetap yang tidak mudah dicairklan. Dengan demikian diharapkan KOSIGATRA tahun-tahun ke depan semakin besar dan kuat, kata Gatut.

Berdiri Tahun 2012

Gatut Prasetyo menyatakan, Koperasi Gapeksindo Sejahtera (KOSIGATRA) Jatim ini adalah, koperasi yang didirikan oleh para anggtota Organisasi Perusahaan Jasa Konstruksi yang disingkat dengan GAPEKSINDO. Koperasi ini didirikan pada tahun 2012, dan mendapat pengesahan untuk simpan pinjam dari Dinas Koperasi Jawa Timur, 4 Desember 2014.

Tertundanya pengesahan yang cukup lama karena adanya peraturan, UU Koperasi kembali kepada UU Koperasi yang lama tahun 1992.
KOSIGATRA, anggotanya sekitar 1500 orang yang tergabung sebagai anggota Gapeksindo Jawa Timur, yang tersebar di 38 Kabupaten/Kota diJawa Timur.

Dengan anggota yang cukup besar itu, ujar Gatut, Kosigatra merupakan badan usaha yang berpotensi berkembang besar dalam mengisi kegiatan ekonomi bagi para anggotanya, serta masyarakat luas.

Khususnya di sektor jasa konstruksi, jelas Gatut, antara lain: simpan punjam, pengadaan atribut Gapeksindo, kaos, topi, kalender, serta distribusi bahan bangunan yang dibutuhkan anggotanya sebagai pengusaha konstruksi. Saat ini Iuran pokok Koperasi adalah Rp100.000 dan Iuran Wajib Rp 10.000/bulan. (yra)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *