Ratusan Hektare Kawasan Ijen Bondowoso Terbakar, Pendakian untuk Sementara Ditutup

  • Whatsapp

BONDOWOSO, beritalima.com – Kawasan Taman Wisata Alam Ijen yang berada di wilayah Kabupaten Bondowoso-Banyuwangi dilalap si jago merah. Kondisi ini terjadi sejak, Sabtu sore (19/10/2019), bahkan hingga saat ini api dikabarkan masih belum padam sepenuhnya.

Akibatnya, pendakian menuju Kawah yang memiliki daya tarik blue fire itu ditutup sementara. Hal ini berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Balai Besar Konservasi SDA Jatim, per tanggal 20 Oktober 2019.

Abjadi, Sekretaris BPBD Bondowoso, dikonfirmasi, Senin (21/10/2019), membenarkan penutupan sementara tersebut. Dirinya pun mengingatkan agar pendaki tak memaksakan untuk menaiki kawasan taman wisata alam itu.

“Kabarnya ditutup. Jadi masyarakat yang ingin kesana, jangan dulu lah,” Ujarnya.

Dilanjutkannya bahwa, Tim Reaksi Cepat (TRC) dan sejumlah tim dari Dinsos, Satpol PP, TNI dan Polri telah bahu membahu sejak kemarin untuk memadamkan kebakaran hutan yang belum diketahui penyebab pastinya itu.

Menurutnya, proses pemadaman juga mengalami kesulitan karena angin kencang. Belum lagi, banyaknya pohon tumbang di sepanjang jalan menuju titik api.

“Kita belum tahu (penyebabnya). Tapi memang faktor cuaca sangat mendukung meluasnya kebakaran ini. Panas, kemudian saat kita melakukan upaya untuk menjaga tidak semakin meluas, terhalang oleh panasnya cuaca, angin yang sangat kencang yang justru mempermudah menyebarnya api,” Tuturnya sembari menunjukkan video tim BPBD yang tengah melawan angin kencang saat melakukan pemadaman.

Proses pemadaman api di kawasan Ijen Bondowoso

Pihaknya belum bisa memastikan luasan lahan yang terbakar. Namun, dipastikan lokasi yang terbakar jauh dari pemukiman warga.

Informasi dihimpun, kebakaran hutan dan lahan itu terjadi di kawasan yang masuk wilayah Bondowoso dan Banyuwangi. Karena itulah, pemadaman juga dilakukan oleh tim dari kabupaten Banyuwangi. Adapun kawasan Ijen yang masuk wilayah Bondowoso yang terbakar yakni di Dusun Curah Macan Desa Kalianyar, dan Dusun Girimulyo petak 85, serta Cangkringan petak 86 Desa Sumberejo, Kecamatan Ijen.

Diketahui bahwa sejak Sabtu sore (19/10/2019) di Bondowoso terjadi tiga kebakaran hutan dan lahan. Yakni selain di Kecamatan Sempol, juga terjadi kebakaran di perbatasan Bondowoso sebelah selatan, yakni di Desa Suco Kecamatan Maesan yang berbatasan dengan Kabupaten Jember. Kemudian juga kebakaran hutan pinus di Desa Sumber Pandan, Kecamatan Grujugan. (*/Rois/MI)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *