Relawan Jokowi-Amin Luncurkan #2019TetapPancasila

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Relawan pemenangan pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo- Ma’ruf Amin (Jokowi-Amin) untuk pemilihan umum (pemilu) serentak 2019 yang menamakan diri Tim Alpha meluncurkan #2019TetapPancasila di Jakarta, Kamis (13/9).

Ketua Nasional Relawan Tim Alpha Jokowi-Amin, Rieke Diah Pitaloka mengatakan, peluncuran itu dilakukan untuk menegaskan kembali ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah Pancasila.

“Memang masih ada hal yang belum terselesaikan. Namun, kami meyakini dengan Jokowi-Amin, Pancasila dapat kita jaga. Karena kebhinekaan itu adalah anugrah buat Indonesia,” kata Rieke.

Pada kesempatan itu, Rieke juga memberikan dukungan penuh kepada MPR RI segera melakukan amandemen terbatas UUD 1945 dengan menegaskan bahwa Panca Sila adalah ideologi Indonesia.

Dia juga meminta untuk mengembalikan MPR RI sebagai Lembaga Tertinggi Negara yang mempunyai kewenangan menetapkan Garis Besar Haluan Negara (GBHN) berlandaskan Pancasila. Pada amandemen terdahulu, MPR RI hanya sebagai lembaga tinggi negara, sama dengan DPR RI, DPD RI dan lembaga tinggi negara lainnya.

Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas mendukung peluncuran #2019TetapPancasila. Ini menarik sebab saat situasi kebangsaan Indonesia yang semakin tidak terkontrol.

“Ada klaim sepihak dan klaim keagamaan membuat persoalan bangsa ini menjadi semakin memanas. Ini harus dihilangkan, munculkan kembali kesadaran tetap berpancasila,” kata Yaqut.

Ditambahkan, di Indonesia perbedaan lebih banyak ditonjolkan dibandingkan kesamaan sesama warga Indonesia. “Dengan tagar ini dapat memunculkan kesadaran baru untuk sama-sama mencari kesamaan bahwa kita Indonesia. Kalau konsisten melakukan, dapat melahirkan harapan,” demikian Yaqut Cholil Qoumas. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *