Reses, Mercy Barends Bagikan Bibit Cengkeh Pala di MBD

  • Whatsapp

TIAKUR,MALUKU – Anggota DPR RI dapil Maluku Mercy Christy Barends melaksanakan reses di kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan menyerahkan bantuan bibit tanaman cengkeh dan pala sebanyak 5.000 untuk mendukung program penanaman dan revitalisasi tanaman rempah di kabupaten yang bertajuk Kalwedo itu.

Penyerahan bantuan tersebut secara simbolis dilakukan oleh oleh Mercy Barends kepada kepada Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, di Tiakur, Selasa (26/4). Selanjutnya bantuan itu diserahkan kepada Jonathan Masiba dari kecamatan Wetar Barat, Anton Nunusala Kecamatan Romang, Abe Payara Kecamatan PP. Babar, Nus Letlora Kecamatan Babar Timur dan Gaspar Letti Kecamatan Damer.

Selain menyerahkan ribuan bibit itu,Mercy bersama Bupati Benjamin juga menanam tanaman cengkeh dan pala di mulai di pusat ibukota kabupaten Maluku Barat Daya, tepatnya di Taman Kota Tiakur dengan disaksikan OPD terkait.

Sebelum melakukan penanaman, dalam sambutannya Mercy Barends mengakui 5000 anakan cengkeh dan pala ini diambil dari Negeri Liliboy yang merupakan salah satu pusat pembibitan pala dan cengkeh di Maluku. Kegiatan penanaman itum, merupakan bagian dari program penanaman dan revitalisasi tanaman rempah cengkeh dan pala di Maluku yang diusungnya.

Diakuinya, sejak menjadi DPR RI periode pertama 2014-2019 dan berlangsung hingga periode kedua 2019-2024, program revitalisasi dan penanaman kembali tanaman cengkehd an pala terus didigiatkan kendati harus menggunakan dana reses maupun menyisihkan sebagian dari gaji dan biaya perjalanannya.

Dia menegaskan, program penanaman dan revitalisasi tanaman rempah cengkeh dan pala, bermula dari keprihatinannya terhadap hasil riset dari Kemenristek RI bahwa kualitas cengkeh di Maluku turun jauh dan kalah dari Medan, Sumatera Utara.

Selain itu, dia berpikir bahwa kalau Maluku benar penghasil rempah maka di setiap sudut negeri harus ada tanaman cengkeh dan pala.

“Jadi Bibit pala dan cengkeh yang diserahkan kepada pata petani ini telah melalui proses seleksi dan pembibitan yang baik sehingga menjadi bibit unggul dan diseleksi oleh Dinas Pertanian Provinsi Maluku sehingga bibit cengkeh dan pala ini kelak berkembang dengan kualitas terbaik terjaga nantinya setelah dipanen.

“Ini investasi masa depan untuk anak cucu, mari lakukan yang terbaik sehingga untuk anak dan cucu dapat menikmatinya di masa mendatang,” ujar Mercy.

Sedangkan Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas perhatian dan upaya revitalisasi tanaman rempah yang dilakukan Mercy Barends, kendati harus menggunakan dana pribadi.

” Program-program ini dilakukan setiap tahun ketika melakukan reses, karena terpanggil untuk membangkitkan kembali kejayaan tanaman rempah Maluku yang terpuruk selama ini,” ujarnya. (IN_ulin)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait