Resmi Jadi Wakapolri, Pidato Pertama Komjen Pol Agus Andrianto

  • Whatsapp
Prosesi Upacara Pelantikan Wakapolri Baru Komjen Pol Agus Andrianto menggantikan Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, dan upacara serah terima jabatan di Rupatama Mabes Polri Jakarta Senin 3 Juni 2023.

Jakarta, beritalima.com | Berdasarkan surat telegram (TR) Nomor: ST/1393/VI/KEP./2023 tanggal 24 Juni 2023 yang ditandatangani Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mantan Komjen Pol Agus Andrianto resmi menjabat sebagai Wakapolri menggantikan Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, dan upacara serah terima jabatan di Rupatama Mabes Polri Jakarta Senin 3 Juni 2023. Yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan disaksikan pejabat utama (PJU) Mabes Polri dan para Kepala Kepolisian daerah (Kapolda).

Sertijab ditandai dengan pengambilan sumpah dan tandatangan berita acara pelantikan Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto.

Bacaan Lainnya

Acara serah terima jabatan berlangsung tertutup bagi media, dan kegiatan sertijab dimulai dari pukul 13.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB.

Usai pelantikan, kegiatan dilanjutkan pelepasan Komjen Pol Gatot Eddy Pramono dari jabatannya sebagai Wakapolri.

Upacara pisah sambut digelar di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta Selatan. Dalam pidato perdananya sebagai Wakapolri, Agus mengingatkan kembali arahan Presiden Joko Widodo pada HUT ke-77 Bhayangkara bahwa Polri harus bersatu seperti sapu lidi, tegak lurus, kuat dan diikat dengan semangat kesatuan serta sinergitas.

“Apa yang disampaikan Bapak Presiden, institusi Polri ibarat sapu lidi masing-masing sapu lidi harus lurus, harus kuat, harus diikat dengan semangat kesatuan dan sinergitas tidak boleh ada blok-blokan, tidak boleh ada geng-gengan, tidak ada patron-patronan,” kata Agus.

Mantan Kabareskrim Polri itu mengajak seluruh personel Polri untuk berkontemplasi dengan apa yang disampaikan Presiden Jokowi agar tidak terjadi mengingat beban tugas kepolisian tidak lagi mudah dan ringan.

“Tugas semakin berat, tentunya perlu kekompakan bersama untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab Bapak Kapolri di dalam mewujudkan stabilitas kamtibmas maupun menyukseskan program-program pemerintah,” ujar Agus.

Sementara itu, Komjen Polisi Gatot Eddy Pramono dalam sambutannya diwarnai suasana emosional saat mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Polri.

Selama 35 tahun bertugas, kata Gatot, banyak suka duka yang dijalani, hingga pasang surut Polri yang dihadapi bersama Kapolri Jendearl Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Pada kesempatan ini juga saya mohon doa kepada Bapak Kapolri dan ibu dan seluruh jajaran Polri, kami akan kembali ke masyarakat. Di masyarakat, kami akan terus berinteraksi dan kami akan tetap menjaga nama baik dan muruah Polri untuk saat ini dan ke depan,” tutup Gatot. [Red]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait