Rest Area Non-Tol Pertama di Indonesia Mulai Diuji Coba

  • Whatsapp

SURABAYA, beritlima.com – Anjungan Cerdas yang berlokasi di rute jalan nasional Trenggalek-Ponorogo telah selesai dibangunoleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR. Anjungan initerinspirasi konsep michi no eki, atau stasiun tepi jalan dari Jepang, dimana dibutuhkan rest areabukan hanya di jalan tol, namun juga di jalan non-tol, mengingat idealnya pengendara harusberis&rahat terlebih dahulu setelah menye&r selama empat jam.

Anjungan cerdas yang nan&nyaakan memiliki panorama pegunungan dan bendungan yang indah jika bendungan Tugu telahrampung, bukan hanya akan menjadi tempat peris&rahatan pengguna jalan, tetapi juga nan&nyaakan menjadi pusat inkubasi ekonomi wilayah Kawasan Selingkar Wilis di Jawa Timur.

Untuk musim Lebaran kali ini, Pemprov Ja&m bekerjasama dengan instansi kepolisian berinovasidengan melakukan uji coba pemanfaatan lahan outdoor di Anjungan Cerdas untuk menjadi poskois&rahat pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Walaupun bendungan Tugu masih padatahap konstruksi, pemudik yang singgah dapat menikma& indahnya alam pegunungan dan arsitekturbangunan Anjungan Cerdas, serta menambah koleksi spot selfie. Kabarnya saat kunjungan PresidenJokowi ke wilayah Mataraman di Jawa Timur, Presiden menyempatkan melambatkan mobilkepresidenan dan membuka kaca untuk melihat khusus Anjungan Cerdas ini.

PembangunanAnjungan Cerdas ini menelan biaya konstruksi sekitar 70 milyar. Bank Ja&m menyediakan tenda untuk pemudik beris&rahat sementara dan menikma& suguhanmakanan ringan dan minuman, serta pengenalan terhadap camilan khas wilayah setempat.

Anjungan Cerdas terletak di antara km 16-18 jalan nasional Trenggalek-Ponorogo. Rute yang dulunyasering longsor ini kini telah terlindungi tembok penahan longsor yang dibangun di tahun 2018.

www.beritalima.com

“Ujicoba pelayanan posko mudik untuk arus balik ini atas arahan ibu Gubernur dan bapak WakilGubernur, dan kami berterima kasih kepada semua pihak termasuk kepolisian, Bank Ja&m, PemkabTrenggalek dan terutamanya BPIW Kementerian PUPR atas kerjasamanya”, ujar Kepala BakorwilMadiun Pemprov Ja&m, Gatot Gunarso, selaku koordinator pelaksana uji coba rest area AnjunganCerdas. (rr)

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *