Ribuan Pengunjung Bakal Ramaikan Perayaan Cap Go Meh Pulau Kemaro Palembang

  • Whatsapp
Pengurus Pulau Kemaro Chandra Husein

PALEMBANG, beritaLima.com-Akses untuk pejalan kaki berupa jembatan ponton tersedia untuk masyarakat yang ingin menuju Pulau Kemaro, Palembang.

Jembatan ini disediakan untuk perayaan Imlek dan Cap Go Meh pada 06/02/2020.

“Pengurus Pulau Kemaro Chandra Husein mengatakan pihaknya bekerja sama dengan banyak pihak membangun akses khusus berupa jembatan yakni beberapa ponton yang disatukan.

Terdapat sekitar tuju unit ponton sepanjang 150 meter yang sudah dipasang, merupakan donasi atau bantuan.

“Akses ini untuk berjalan kaki melalui Kawasan Kalidoni Palembang atau dekat Pusri, jadi tidak harus pakai kapal,” ucap nya.

Selain akses jembatan sudah terpasang, panitia Cap Go Meh juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak dalam penyediaan lokasi parkir dan keamanan. petugas Kepolisian dan TNI sudah berjaga di Pulau Kemaro, baik di pintu masuk hingga area pulau.

Chandra Husein
menjelaskan selain akses jalan kaki, pihaknya juga dibantu umat dan masyarakat Palembang menyediakan kapal tongkang pengangkut dari Pasar 16 llir Palembang menuju Pulau Kemaro. Masyarakat yang hendak ke Pulau Kemaro bisa melalui akses itu.

“Pengangkutan gratis. lni bantuan umat dan masyarakat. Ada sekitar 20 kapal tongkang dan berlayar tiap saat. Mulai berlayar.

Kapal tongkang ini dapat mengangkut100 orang dalam satu kali berlayar. Untuk itu, tiga dermaga sudah disiapkan di Pulau Kemaro, yakni dermaga kedatangan, dermaga kepulangan, dan dermaga VIP.

Chandra Husein menjelaskan selama perayaan Cap Go Meh itu, ada ratusan lapak pedagang disiapkan, mulai dari lapak perlengkapan alat sembahyang umat, kuliner, dan aksesoris.

Selain itu, ada dua panggung besar yang disediakan panitia untuk wayang orang tradisional Tionghoa yang digelar untuk masyarakat dan umat yang datang.

“Pengunjung yang datang dapat menyaksikan berbagai sajian hiburan. Ada wayang orang, aksi barongsai, tradisi tanjidor dan sebagainya,” kata dia. Khusus untuk ibadah umat, kata dia, ritual keagamaan mulai tepat pukul 00.00 WIB, Ucapnya.

( Nn )

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait