Ribuan TKI Ternyata Ikut Membangun Menara Kembar Kuala Lumpur

oleh -452 views

Laporan: Sudibyo*** Langsung Dari Kuala Lumpur, Malaysia

KUALA LUMPUR, beritalima.com- Menara kembar atau menara Petronas, telah menjadi ikon negeri Jiran, Malaysia. Warga setempat, menyebutnya dengan nama Taman KLCC.

www.beritalima.com

Disebut menara kembar, karena bangunan ini memang ada dua buah dan sama. Karena itu disebut kembar.

Namun tak banyak yang tahu, jika pembangunan menara yang pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia pada tahun 1998—2004 itu, melibatkan ribuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Khususnya TKI asal Jawa Timur.

Bahkan ada TKI yang turut membangun menara kembar, telah menjadi penduduk tetap di Kuala Lumpur, namun tetap sebagai WNI.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Tiap hari, menara ini sedikitnya dikunjungi oleh sekitar 5000 turis manca negara. Belum lagi turis lokal dari beberapa negara bagian yang ada di Malaysia.

Menara Kembar Petronas, memegang gelar sebagai bangunan tertinggi dari tahun 1998 hingga 2004 berdasarkan pengukuran dari lantai pintu masuk utama sampai struktur atas.

Menara yang peletakan batu pertama pada 1 Januari 1992 dan mulai dibangun 1 Maret 1993 serta diresmikan 31 Agustus 1999 ini, dikelola oleh KLCC Holdings Sdn Bhd. Karena itu, warga setempat menyebutnya, Taman KLCC.

Sedangkan tingginya, mencapai 451,9 meter (1483 ft) dengan jumlah lantai sebanyak 88 buah.***

***Penulis adalah wartawan/redaktur senior beritalima.com. www.beritalima.com

www.beritalima.com