Ribuan Warga Desa Tarokan Antusias Menyaksikan Meriahnya Kirab Sedekah Bumi

  • Whatsapp

Kediri,Berita Lima.com– Pemerintah Desa Tarokan,Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri mengelar kembali acara kirab Sedekah bumi,Sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah yang telah diberikan kepada masyarakat sekaligus untuk melestarikan budaya.sabtu(14/9).

Acara kirab dimulai dari balai desa,Kemudian dilanjutkan dengan mengarak gunungan buah-buahan dan hasil pertanian ke dusun-dusun dengan berpakaian adat jawa.terlihat warga sangat antusias menyaksikan kirab sedekah bumi.

Kepala Desa Tarokan,Supadi SE mengatakan kegiatan ini selain sebagai tradisi juga untuk menghibur masyarakat,”sedekah bumi ini untuk mempererat hubungan antara perangkat Pemdes Tarokan dengan masyarakat dan mensyukuri hasil bumi didesa tarokan ini yang semakin subur,makmur sehingga hasil pertanian semakin meningkat,masyarakat sejahtera”jelas supadi.

Supadi menambahkan tradisi sedekah bumi rutin diadakan setiap tahun,selain kirab pemerintah desa tarokan mengemas acara dengan berbagai pertunjukan kesenian tradisional dimasing -masing dusun.pertunjukan kesenian diadakan supaya warga tidak melupakan adat jawa.pada sedekah bumi tahun ini mengambil tema”meningkatkan tradisi sedekah bumi ini untuk menjadikan desa tarokan menjadi desa wisata”ungkapnya.

Kirab sedekah bumi diikuti pemuda karang taruna dari 12 dusun,dan menampilkan sebanyak 20 mobil gunungan hasil bumi,warga begitu antusias menyaksikan kirab sedekah bumi yang diarak keliling desa start dari balai desa tarokan pukul 9 wib.(jar)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *