Ribuan Warga Saksikan Karnaval HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Kecamatan Dasuk

  • Whatsapp
Salah satu group peserta Karnaval budaya, MTs. Nurul Huda Dusun Pangilen Desa Kerta Timur Kecamatan Dasuk Sumenep. Insert (Camat Dasuk, Kepala MTs. Nurul Huda, Ketua TP PKK Kecamatan Dasuk)

SUMENEP, beritaLima – Ribuan warga menyemut di beberapa titik jalan Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin siang (28/8/2017).

Orang tua, muda hingga anak kecil tumpah ruah dan bersuka cita untuk menyaksikan karnaval dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Peserta Karnaval budaya, Ada yang berjalan kaki, mengendarai sepeda hias, sampai naik kuda. “Perayaan kemerdekaan semacam ini memang selalu dinanti-nanti oleh masyarakat”, jelas Moh. Halil, SPd. I. Kepala MTs. Nurul Huda Dusun Pangilen Desa Kerta Timur Kecamatan Dasuk Sumenep.

Pihaknya bersama siswa – siswi SMP sederajat ini antusias mengikuti jalannya Karnaval yang bergerak sejak siang. Panas matahari yang menyengat seolah tidak dirasa karena semangat patriotisme dalam menggelorakan Kemerdekaan RI yang ditanamkan kepada anak didiknya.

“Partisipasi kami dalam Karnaval budaya ini tujuannya adalah agar anak mengenal dan mengetahui perjuangan para pahlawan. Serta mengenal bermacam adat istiadat yang ada di Indonesia,” urai Moh. Halil, SPd.I.

Sementara Camat Dasuk, Sumarsono, M.Si. mengungkapkan, melalui karnaval budaya diharapkan masyarakat, khususnya generasi muda dapat memiliki rasa nasionalisme, sehingga rasa tanggung jawab besar akan muncul kepada generasi muda dalam mewujudkan masyarakat adil, makmur, dan sejahtera lahir dan batin.

“Melalui karnaval budaya juga mampu menggali potensi-potensi sumber daya alam maupun Sumber Daya Manusia untuk terus berkembang,”ungkap Camat dasuk.

Dikatakan, partisipasi dan semangat masyarakat dalam karnaval menampilkan pakaian busana adat tradisional daerah di Indonesia, menandakan kebhinekaan tunggal ika Indonesia.

Hal tersebut juga bisa dilihat dari antusias masyarakat yang menonton kegiatan tersebut sangat luar biasa.

“Syukurlah antusias peserta dan masyarakat, khususnya di Kecamatan Dasuk Sumenep terhadap kegiatan karnaval budaya ini sangat luar biasa,”tandasnya.

(An)

 

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *