RPJMD Kabupaten Tolikara 2018-2022 Mulai di Bahas

oleh -503 views
suasana pelaksaan rapat pembahasan RPJMD

JAYAPURA ,Beritalima
Com- Badan Perencanaan Pendapatan Daerah (Bapedda) Kabupaten Toliakra mengelar rapat pembahasan RPJMD untuk tahun 2018-2022 selama tiga hari bertempat di salah satu Hotel di Abepura,Jayapura (22-24/1/2018).

Kepala Bapeda Kabupaten Tolikara, Samuel Kogoya, SH. MM mengatakan, dalam rapat RPJMD akan di bahas ranjangan awal RPJMD, dimana setiap OPD akan memberikan masukan serta ide ide untuk menambah rancangan RPJMD yang telah di susun bersama tim ahli.

“Adapun yang akan di bahas yakni beberapa kehiatan yang belum di capai pada lima tahun yang lalu maka untuk mencapai semua yang telah tertunda kita yanh sedang kita bahas bersama ,”Katanya


Untuk itu ketika pada tanggal 25 januari 2018, sudah ada mengasistensi SKPD untuk penyusunan rends-rends SKPD. yang akan di sinkronkan sehingga tidak akan keluar dari RPJM yang ada.

“Sehingga para OPD ini nantinya mereka dapat mempersiapkan renstra yang sesuai dengan RPJM bupati untuk lima tahun ke depan,”Ucapnya

Diakuinya, ada beberapa kegiatan yang memang sudah berjalan tapi tidak mencapai hasil dan itu di pengaruhi beberapa faktor sehingga untuk lima tahun ke depan harus mencapi 100 persen dengan di dukung beberapa program baru sesuai dengan visi dan misi Bupati saat ini.

“Jadi kalau kita lihat ternyata program itu bagus dan perlu kita lanjutkan, maka kita kembalikan dia di RPJM tahun berikut, dengan beberapa evaluasi-evaluasi sehingga capaian program yang kita evaluasi kurang berjalan dengan makasimal itu, kita akan tercapai pada RPJM yang kedua,”Ucap Samuel

Adapun program program yang menjadi unggulan dalam RPJMD meskipun ada beberapa yang akan di evaluasi kembali dan iu hampir di setiap program terutam di bidang pendidikan.

“Kami lebih prioritaskan kepada bidang Pendidikan yang akan kami buat seperti berpola asrama yang belum maksimal, lalu kita lihat dengan permasalahan yang ada. Misalnya kegiatan itu seperti pemberantasan buta aksara yang tergolong masih cukup tinggu di Tolikara,”Jelasnya

Selain itu ada beberapa program lanjutan yang juga akan di tingkatkan pada pembahasan kali ini seperti bidang kesehatan.

“Kesehatan juga menjadi hal yang paling penting untuk di tingkatkan mengigat saat ini banyak peristiwa terjadi akibat kesehatan seperti tambahan gizi serta vaksinasi dan imunisasi,”Ucapnya

Samuel berharap dalam kegiatan ini nantinya akan dapat melahirkan program program yang langsung dapat di laksanakn dengan tindakan kerja nyata,yang terpenting dapat membantu mewujudkan program dan sistemasi kerja dari Bupati dan Wakil Bupati periode kali ini.

“Kita harapkan akhir tahun RPJM 2022 RPJM itu kita bisa lihat, dan nanti akan terukur. Hasil yang akan dicapai itu seperti apa dan berapa persen yang. Sehingga itu akan nampak dan seperti itu yang kita harapkan sudah dicapai. Jadi kita akan evaluasi ulang , apakah ini sudah terukur atau belum, “ Pungkasnya (res)