RT-RW Perlu Perlindungan Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan

oleh -337 views
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, Poedji Santoso (kanan), dan Camat Karangpilang, Eko Budi Susilo (kiri), ketika sosialisasi di hadapan ratusan Paguyuban RT/RW dan para Lurah se-Kecamatan Karangpilang, Rabu (21/3/2018) malam

SURABAYA, beritalima.com – Pengurus RT dan RW perlu mendapat perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, Poedji Santoso, menegaskan itu di hadapan ratusan fungsionaris Kelurahan, RT, RW, PKK, Karang Taruna serta Karang Werda se-Kecamatan Karangpilang di aula Kecamatan Karangpilang, Surabaya, Rabu (21/3/2018) malam.


Dan, hal tersebut juga dibenarkan Camat Karangpilang, Eko Budi Susilo, yang ikut hadir di acara sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan yang dipaparkan Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo, Ferina Burhan ini.

Poedji mengatakan, kegiatan ini tak lain untuk memberi wawasan kepada para pengurus kampung tentang peran penting BPJS Ketenagakerjaan.

“Menjadi pengurus RT dan RW itu amanah dan dibaliknya ada resiko yang bisa dialami mereka saja,” kata Poedji di sela acara yang dihadiri tidak kurang dari 160 orang, termasuk para Lurah se-Kecamatan Karangpilang itu.

Dia mencontohkan kecelakaan pada saat kegiatan tujuh belas agustusan, atau ketika mereka sedang menjalankan tugas sosial lainnya.

“Dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, bila mereka sampai mengalami musibah kecelakaan, mereka akan mendapatkan bea perawatan sampai sembuh total. Seluruh bea perawatan mereka akan kami tanggung sepenuhnya tanpa batas,” tandas Poedji.

Dan lagi, lanjut Poedji, premi atau iuran jaminan sosial ketenagakerjaan ini sangat murah. Para perangkat RT/RW ini masuk sektor Penerima Upah dengan 2 program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JP) yang iurannya cuma Rp 18.900,-/ bulan.

Disebutkan, BPJS Ketenagakerjaan berdedikasi penuh menjalankan amanah negara. Dan sesuai visi, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo bertekad untuk unggul dalam operasional dan pelayanan.

“Kami berharap seluruh pengurus RT dan RW, pegawai kelurahan dan kecamatan hingga perangkat terendah sadar akan perlindungan diri sendiri, baik sekarang maupun yang akan datang,” kata Poedji.

“Jadi sangat besar sekali manfaatnya. Sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan jika suatu waktu mengalami resiko kecelakaan kerja semua tercover oleh BPJS Ketenagakerjaan,” tandasnya.

Camat Karangpilang, Eko Budi Susilo, menyatakan sangat mengapresiasi upaya BPJS Ketenagakerjaan Cabang  Surabaya Darmo dalam memberi perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan pada seluruh perangkatnya.

Eko mengatakan, program perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan ini sangat penting bagi mereka, apalagi akses jalan Warugunung ke Karangpilang rusak parah dan berlubang, sehingga sangat berbahaya jika mereka  melewatinya, terlebih pada malam hari.

Dia menambahkan, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, jika perangkatnya mengalami kecelakaan kerja semisal jatuh dari motor saat mengurus surat-surat ke kantor Kelurahan atau Kecamatan, semua bea pengobatannya ditanggung BPJS Ketenagakerjaan alias gratis.

Selain itu, jika sudah waktunya meninggal dunia, ahli waris atau keluarga yang ditinggalkan pun mendapat santunan sehingga tidak sampai jatuh miskin.

“Karena itu, kami pun berharap seluruh fungsionaris di Karangpilang ini, mulai dari tingkat kecamatan sampai RT dan RW terlindungi jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan,” tandasnya.(Ganefo)