Salurkan BLT DD Tahap 2, Pemdes Panjerejo Beri Himbauan dan Pesan

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Bantuan dari Pemerintah pusat untuk masyarakat miskin extrem melalui Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap 2, sudah bisa disalurkan dan direalisasikan.

Kategori masyarakat miskin extrem yakni, mereka yang tidak mempunyai penghasilan dan pekerjaan tetap, sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sudah sangat kesulitan.

Guna menopang dan memenuhi kebutuhan tersebut, pemerintah terus memberikan bantuan selama setahun kedepan. Bantuan berupa uang tunai 300 ribu perbulan dan akan diberikan setiap tiga bulan sekali sesuai dengan ketentuan dan aturan.

Seperti Desa Panjerejo, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, juga sudah menyalurkan bantuan tersebut. Sebanyak 32 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima bantuan untuk tahun ini. Selasa, (11/4/2023).

Kades Panjerejo Minowati menyampaikan bahwa, penyaluran bantuan bagi masyarakat miskin extrem hari ini, memasuki tahap 2 yaitu, untuk Bulan April sampai Juni.

Pemberian bantuan tiga bulan Sekaligus
Diharapkan mampu membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari, terutama membeli kebutuhan bahan pokok.

“Tahun ini, sebanyak 32 orang yang menerima bantuan BLT DD, mereka dirasa sangat-sangat tidak mampu dan layak mendapatkan bantuan tersebut, ” ucapnya.

Menurutnya, yang mendapat bantuan saat ini tepat sasaran, selain sudah tidak produktif dalam bekerja, rata-rata dari mereka sudah tua dan tidak mampu lagi melakukan aktifitas berat.

“Bantuan ini, sangat dibutuhkan dan diperlukan mereka untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari,” ujar Minowati.

Lanjutnya, bantuan BLT DD yang diberikan kepada masyarakat tahun ini sudah berkurang secara siknifikan dibanding dengan tahun lalu. Tahun lalu, bantuan yang diberikan kepada masyarakat jumlahnya masih ratusan orang.

“Kita sangat sedih sekali harus memilah dan memilih mana yang betul-betul tidak mampu yang berhak menerima bantuan tahun ini,” lanjut Kades.

Ditambahkannya, dengan adanya bantuan ini, bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari khususnya untuk kesehatan, masyarakat bisa menjaga kesehatan.

“Adanya bantuan ini, bisa menambah pemasukan dan bermanfaat bagi keluarga, apalagi ini menjelang lebaran kebutuhan semakin meningkat,” tutupnya.

Hal senada disampaikan oleh Sekdes Panjerejo Agus Wiyanto S. Sos, pihaknya berpesan agar bantuan tersebut digunakan sebaik mungkin untuk kebutuhan yang dirasa sangat perlu.

“Monggo, anggaran tersebut digunakan untuk membeli kebutuhan yang dirasa sangat diperlukan dan dibutuhkan, terutama membeli sembako untuk keperluan setiap hari,” pesannya.

Sementara itu, Jarmi salah satu KPM yang mendapat bantuan mengatakan, sangat bersyukur dengan bantuan yang sudah diberikan kepadanya.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami, apalagi kondisi ekonomi yang belum stabil akibat wabah covid-19 yang terjadi beberapa tahun terakhir.,” Katanya.

Lebih lanjut, Jarmi mengucapkan terima kasih kepada Pemdes Panjerejo yang sudah memberi bantuan BLT DD kepadanya, karena dapat digunakan untuk membeli kebutuhan bahan pokok.

“Bantuan ini, akan kami gunakan sebaik mungkin seperti apa yang sudah disampaikan Bu Kades, kami digunakan untuk membeli kebutuhan pokok setiap hari,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait