Satgas TMMD Isi Materi Wasbang Di PLS SMA Bahrul Ulum

  • Whatsapp

Bontang – Personil Kodim 0908 mengisi materi wawasan kebangsaan (Wasbang) di masa pengenalan lingkungan sekolah (PLS) siswa baru Sekolah Menengah Atas (SMA) Bahrul Ulum Bontang. Sabtu (4/8).

Penyuluhan wawasan kebangsaan ini adalah bagian dari program TMMD ke 102 melalui sasaran non fisik di Wilayah Kodim 0908 Bontang.

Pasiterdim Kpt Arh Muji Slamet, selaku pembawa materi memberikan sosialisasi dengan lugas namun tetap dengan gaya penyampaian yang mudah di pahami oleh pelajar SMU yang notabene merupakan remaja berusia belasan tahun.

Diawal penyampaiannya, Kapten Muji memaparkan materi kebudayaan bangsa dan wawasan kebangsaan dengan tetap menekankan bahayanya doktrin-doktrin Radikalisme dan bahaya laten komunis (balatkom).

“Generasi muda termasuk pelajar saat ini rawan dimasuki doktrin-doktrin yang berpotensi memecah belah bangsa. Untuk itu pemahaman wawasan kebangsaan penting untuk diketahui dengan benar sejak dini,” kata Kapten Muji.

Lebih lanjut, dalam penyampaiannya juga memaparkan keberagaman yang majemuk dibangsa ini. Serta pemahaman ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam berkehidupan bermasyarakat menjadi sangat penting.

“Jadi walau suku adek-adek berbeda namun semboyan Bhinneka Tunggal Ika harus tetap dikedepankan demi keutuhan Bangsa Indonesia,” katanya.

Selain itu, tak lupa Kapten Muji  juga memaparkan pemahaman terkait usaha pertahanan dan keamanan negara. Sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian, sebagai kekuatan utama serta rakyat sebagai kekuatan pendukung.

“Setiap warga negara, berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara, sesuai dengan kondisi. Jadi adek-adek harus cerdas dalam menyikapi perkembangan situasi kedepan,” imbuhnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *