Sedot Minyak, Apa Manfaat Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Terkenang berita seorang pria gemuk dari Surabya telah mengalami sedok minyak dari BB 120Kg tinggal 82 kg badan kelihatan agak kurus dan semua baju dan celana longgar.Sedot minyak harus ditangani ahli bedah bukan tukang salon
Sedot lemak adalah prosedur bedah yang dilakukan oleh dermatologis dan ahli bedah plastik untuk menyingkirkan lemak dari area tubuh tertentu. Prosedur ini dilakukan untuk tujuan kecantikan dan bukan untuk pengurangan berat badan atau alasan kesehatan lainnya.Meski dapat menghilangkan lemak, operasi ini bukan bentuk pengobatan atau cara mengatasi obesitas. Pasalnya, orang yang dapat menjalani liposuction harus 30% lebih berat dari berat badan ideal tubuh mereka.
Pada masa-masa awal operasi sedot lemak, prosedurnya dilakukan menggunakan metode kuretase. Kemudian, metode ini dengan cepat menjadi tidak populer dikarenakan angka kematian yang tinggi dan efek samping lainnya. Sekarang, sedot lemak telah menjadi jauh lebih aman karena penggunaan teknologi. Operasinya menggunakan teknologi seperti gelombang ultrasound dan laser untuk meluruhkan lemak sebelum disingkirkan menggunakan pompa penyedot.

KRITERIA SEDOT MINYAK
1. Tidak merokok
2. Berat badan ideal atau berat badan berlebih, tetapi belum tergolong obesitas
3. Kondisi fisik dan mental yang sehat
4. Lemak sulit dihilangkan, meski sudah menjalani diet dan olahraga
5. Kulit yang kencang dan elastis

Metode sedot lemak modern meliputi:
1. Sedot lemak tumescent
Bius digunakan untuk membuat bagian tubuh dimana tabung akan dimasukkan, mati rasa. Bius juga diaplikasikan ke jaringan lemak untuk disingkirkan sebelum melakukan penyedotan.

2. Sedot lemak dengan ultrasound
Gelombang ultrasound digunakan untuk meluruhkan lemak, kemudian lemak akan disingkirkan melalui penyedotan.

3. Sedot lemak dengan laser
Prosedurnya hampir sama dengan sedot lemak dengan ultrasound tetapi menggunakan gelombang energi r
rendah untuk meluruhkan lemak sebelum penyedotan dilakukan.

BAGIAN TUBUH TARGET SEDOT MINYAK :
1. dagu dan leher.
2. perut dan pantat
3. lengan bagian atas,
4. dada dan punggung,
5. betis dan pergelangan kaki,
6. pinggul dan paha

JENIS JENIS SEDOT MINYAK
1. Tumescent liposuction
2. Ultrasound-assisted liposuction
3. Laser-assisted liposuction
4. Power-assisted liposuction

RESIKO SEDOT MINYAK:
1. Pemudaran warna permanen
2. Permukaan kulit tidak merata
3. Kerusakan pada saraf
4. Kerusakan organ internal seperti Limpa

KOMPLIKASI:
1. penggumpalan lemak dan darah yang akan memengaruhi fungsi paru-paru
2. Cairan berlebih
3. Infeksi
4. reaksi racun.
Sedot lemak dapat dikategorikan sebagai prosedur bedah, dan seperti bedah kebanyakan, ada risiko yang harus dipertimbangkan. Tetapi, tidak seperti kebanyakan prosedur bedah lainnya, hasil dari sedot lemak biasanya dapat diperoleh dengan diet yang seimbang dan banyak olahraga. Melakukannya memang memakan waktu lebih lama, tetapi efeknya akan lebih permanen jika Anda mengubah gaya hidup. Walaupun Anda memutuskan untuk melakukan sedot lemak,Anda tetap harus mengubah gaya hidup untuk mencegah lemak kembali menumpuk yg akan mengancam hidup Anda.

Apabila Anda mempertimbangkan sedot lemak sebagai perawatan untuk obesitas, atau menurunkan berat badan secara cepat, maka Anda akan sangat kecewa. Selain biaya besar dan resiko banyak untuk itu bila anda seorang obesiti sebaiknya lakukan olahraga teratur , makanan jangan over diet, jzngan suka camilan untuk menghindari overweight.
Salam sehat selalu.
RobertoNews 1072 《10.10.21(13.35)》
• Praktisi Dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait