Sehat Dengan Olahraga Jalan Kaki

  • Whatsapp

Oleh;
DR.dr. Robert Arjuna*
Di suatu minggu pagi saya coba olahraga jalan kaki diAlon alon lapangan rumput kota surabaya, saya terkajut melihatbanyak orang olahraga berjalan kaki dzn ada bereepeda, sembari saya bersapa ssma pak umar,dia berkata sudah 12 tahun olahraga jslan kaki ,setelah di olahraga jalan kaki encoknya hilzng dan Kolesterol turun yang selama ini tidak lebih 150mg laiin pula pak Jimmy sudah jalan kaki 30tahun, hipertensi turun dan tak pernah minum obat jadi olah raga jalan kaki itu paling betfaedah bagi kesehatann manusia…

Di kota kota besar di dunia seperti Singapore, Souel, Tokyo Newyorok, kerap kali kita menjumpai orang kota berjalan kaki bahkan mobil parkir di jauh dari kantor tapi harus berjalan kaki 30-40 menit baru tiba di tempat kerja, secara tak langsung menjadi suatu kebiasaan budaya berjalan kaki tak sadar membentuk posture tubuh baik laki maupun perempuan badannya ramping ramping serta gesik Berbeda dengan kehidupan kita di Indonesia selalu dimanjakan oleh kondisi n lingkungan,kadang berjarak beberapa meterpun malas jalan kaki semua pakai kenderaan,Kebiasaan ini menjadi budaya malas berjalan kaki. Bila kita ke Luar Negeri seperti Singapore atau HongKong .mau tidak mau kita harus ikut budaya mereka jauh dekat selalu jalan kaki.

Tak bisa dipungkiri bzhwa semua cabang olahraga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubub dan
menciptakan kesehatan jasmaniah dan rohaniah .Bagi kaum berduet bermain Golf selain bernilai olahraga dan sebagai tempzt refreshing dan bersantai untuk memghilangkan kepenatan bekerja.
Tahukah anda olah raga yang tak perlu keluar kocek adalah olahraga jalan kaki bahwa Jalan kaki tidak hanya merupakan olahraga yang murah dan ringan, tapi juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Hasil sebuah riset dari Universitas Stanford 2017 melaporkan bahwa rata rata penduduk dunia berjalan kaki 4,961 langkah perhari .orang HK tercatat paling rajin jalan kaki yakni 6880 lamgkah perhari,Orang Indonesia paling malas jalan kaki rata 3,513 langkah perhari karena ada beberapa faktor kendala antara lainx:
Kondisi jalan tidak merata / mulus ,Troator sempit sering dijadikan lahan parkir,Lalu lintas sembrawut
Keamanan dan ketertiban kurang baik sering merampok padz pejalan kaki.
Dari hasil riset ini melaporkan bahwa Manfaat jalan kaki membuktikan bahwa jalan kaki memperpanjang umur ,memperkuat otot jantung,, mengurangi resiko nyeri otot memingkatkan kekebalan tubuh.mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes, hingga mengurangi risiko kanker.mari kita bahas di bawah ini:

Dokter jaman Yunani kuno Hippokrates sudah mengatakan, “Berjalan adalah obat yang paling baik”. Ternyata berjalan tanpa henti selama 15-30 menit per hari bisa mengubah penampilan dan membuat tubuh tambah sehat.adapun efek positif berjalan kaki :
1. Mencegah penyakit jantung
2. Menenangkan pikiran
3. Perubahan positif pada otak
4. Memperbaiki penglihatan
5. Menambah volume paru-paru
6. Menambah kekuatan otot
7. Efek positif bagi pankreas
8. Mencegah Diabetes
9. Menurunkan Risiko Terkena Stroke.
10. Menekan Risiko Serangan Jantung.
11. Berat badan stabil.
12. Menurunkan berat badan.
13. Memperkuat sendi dan tulang
14. Memperbaiki pencernaan
15. Menghilangkan sakit punggung
16. Mencegah osteoporosis.

Selain enam manfaat di atas, manfaat jalan kaki lainnya yang bisa mengurangi risiko kemungkinan terkena stroke, obesitas, radang sendi, serta beberapa jenis kanker.

KESIMPULAN ;
1. Rata-rata, jalan kaki setiap menit dapat memperpanjang hidup 1,5 sampai 2 menit
2. Jalan kaki lebih lama setiap hari selama 40 menit adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan
3. Jalan kaki cepat dari 20-25 menit akan memberikan kondisi yang baik bagi jantung dan paru-paru
4. Memperbaiki efektivitas jantung dan paru-paru, membakar lemak dalam tubuh
5. Meningkatkan metabolisme sehingga tubuh membakar kalori lebih cepat
6. Membantu mengurangi stres
7. Memperlambat penuaan
8. Menurunkan tingkat kolesterol dalam darah
9. Membantu menurunkan tekanan darah
10. Membantu mengontrol dan mencegah diabetes
11. Memperkuat otot kaki, paha, dan tulang
Jangan malas atau takut lelah untuk melakukan olahraga jalan kaki. Bahkan jika Anda mengalami masalah dengan lutut atau kaki Anda, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Anda bisa menyiasatinya dengan berjalan ringan hingga cepat dengan pengaturan sbb:
1.berjalan kaki sebaiknya dilakukan selama 30 menit dalam sehari.
2.diawali dengan 10 menit pada hari 1 kemudian ditambah sesuai kesanggupan kita
3.lama kelamasn merupakan olahraga rutin dan wajib setiap hari di pagi hari
Mari saudaraku, mulai besok kita melakukan olahraga jalan kaki .Jalan kaki tanpa keluar biaya malah bisa menciptakan kesehatan prima baik jasmaih maupun rohaniah. Anda Sehat Kami Bangga!
RobertoNews 1434《26.5.22(08.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatam

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait