Sekdaprov Jatim : RSUD Dr. Soetomo Siap Go Internasional

  • Whatsapp

                Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo siap untuk memberikan pelayanan kelas internasional. Hal tersebut diwujudkan dengan  akreditasi A yang diperoleh  RSUD Dr. Soetomo dan baru saja memeperoleh sertifikasi berstandar internasional atau Joint Commission International (JCI).

Demikian disampaikan Sekdaprov Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi saat menghadiri HUT RSUD Dr. Soetomo ke 78  di Halaman RSUD Dr. Soetomo Surabaya, Jumat (4/11).

Menurutnya, Tersertifikasinya RSUD Dr. Soetomo secara paripurna mempunyai arti rumah sakit yang berstandar nasional, dan ditunjuknya RSUD Dr. Soetomo sebagai rumah sakit rujukan nasional. Tidak semua rumah sakit dapat ditetapkan Menkes menjadi rumah sakit rujukan nasional. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Antara lain, menjadi rujukan lintas provinsi yang dapat mengampu pasien sekurangnya dari empat provinsi, berada di wilayah provinsi dengan kategori penduduk terpadat, telah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Kelas A dan Rumah Sakit Pendidikan.

Dengan adanya JCI,  RSUD Dr. Soetomo akan semakin bagus dalam memberikan layanan kepada masyarakat di Jatim dan juga Indonesia pada umumnya. Tentunya, fasilitas dan pelayanan yang diberikan akan lebih baik. “Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), pelayanan kesehatan harus berdaya saing secara global, sehingga perlu ada pembenahan fisik dan tentunya budaya dalam melayani yang aman serta bermutu tinggi. Dengan adanya JCI dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat banyak,” jelasnya.

Untuk menjadi go internasional, RSUD. Dr. Soetomo perlu menyusun standar operasional rumah sakit, menyiapkan sumberdaya manusia, sarana, prasarana, alat, bahan, fasilitas, dan sitem informasi sesuai standar RS rujukan nasional, mengembangkan penapisan teknologi tepat guna secara aktif dengan mengutamakan produk dalam negeri dan riset berbasis pelayanan.

Pemprov Jatim akan memberikan dukungan penuh agar RSUD Dr. Soetomo bisa berkelas internasional. Perbaikan terhadap sarana, prasarana dan sistem pelayanan akan menjadi prioritas. Untuk mendukung RSUD Dr. Soetomo go internasional, telah dibangun beberapa fasilitas yang bisa digunakan untuk pelayanan masyarakat diantaranya pusat pengembangan dan layanan kanker, pengembangan kualitas anak usia dini, pelayanan thalesemia, pelayanan sport clinic, pelayanan dan pengelolaan bebas nyeri . “RSUD Dr. Soetomo juga akan berupaya untuk menjadi green hospital diantaranya dengan semakin banyaknya dibangun kawasan hijau di sekitar  rumah sakit,” ujarnya.(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *