Semarak Agustus, Disdik Sumenep Gelar Lomba Paduan Suara untuk SD dan SMP

  • Whatsapp
Kepala dinas pendidikan Kabupaten Sumenep, Agus Dwi Saputra

SUMENEP, beritalima.com| Guna memeriahkan HUT RI ke 77 tahun 2022, Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar lomba paduan suara untuk tingkat SD dan SMP. Lomba tersebut memperebutkan piala bupati Sumenep.

Kepala dinas pendidikan Kabupaten Sumenep, Agus Dwi Saputra mengatakan, lomba ini untuk menggelorakan jiwa nasionalisme pada siswa dan siswi di Sumenep menuju perwujudan profil pelajar Pancasila. “Tujuan lomba ini untuk meningkatkan rasa nasionalisme siswa dan siswi,” katanya, Minggu (7/8).

Bacaan Lainnya

Mantan Kepala Disperindag Sumenep itu mengatakan, setiap sekolah wajib mengikuti lomba ini dengan persyaratan dan tekhnis yang sudah ditentukan. “Setiap sekolah wajib mengikuti lomba dengan mengirimkan satu tim paduan suara, setiap tim paling banyak 15 orang. Komposisinya campur, siswa dan siswi,” ucapnya.

Untuk jenjang SD, lomba ini akan digelar secara berjenjang, mulai dari babak penyisihan di tingkat kecamatan. Sementara itu, babak final akan digerlar di tingkat kabupaten.

Babak penyisihan di tingkat kecamatan akan digelar mulai tanggal 15-20 Agustus 2022. Di tingkat kecamatan, lagu wajib yang harus dinyanyikan adalah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Juara 1,2, dan 3 akan mewakili kecamatan pada babak semi final. Pada babak semi final, mereka harus mengirimkan video lagu, yakni satu lahu wajib dan satu lagu nasional pilihan ke google drive dan link youtube. Video itu harus satu pengambilan dan tanpa editing. Kemudian, data itu dikirim ke Disdik Sumenep.

Setelah itu, juri akan memberikan penilaian, 10 penampilan terbaik akan mengikuti babak final yang akan digelar di Gedung Ki Hajar Dewantara tanggal 5 September 2022 mendatang. Di babak final, mereka harus menyanyikan lagu-lagu itu secara langsung di depan juri. Juara 1 hingga 6 akan mendapatkan Piala Bupati Sumenep dan penghargaan.

Sementara itu, untuk jenjang SMP tanpa melalui babak penyisihan di tingkat kecamatan. Untuk jenjang SMP, mereka harus mengaploud video dengan lagu wajib ke goegle drive dan akun youtub masing-masing sekolah. Video itu harus satu pengambikan dan tanpa edit.

Kemudian, lagu yang sudah diaploud tersebut harus disematkan ke google dengan form yang sudah disediakan. Batas waktu pengiriman yakni tanggal 24 Agustus 2022 pukul 16.00 Wib.

Kata Agus, kemudian juri akan menilai video tersebut. Untuk 10 video terbaik, akan dinyanyikan lagsung pada babak final yang akan digelar tanggal 6 September 2022 di Gedung Ki Hajar Dewantara Sumenep. Nantinya, akan ditentukan juara 1 hingga 6 yang akan mendapat Piala Bupati Sumenep.
(***)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait