Sleep Apnoe VS Mikro Sleep !

  • Whatsapp

Oleh
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Menjelang hari raya idulfitri, teman kita banyak yang pulkam dengan membawa kenderaan yang bisa menghadapi Sleep Apnoe Apa itu? Ada yang supir sleep apnoe jadi timbul kecelakaan
Maut di jalan Tol seperti Boss Indomart yang lalu, aoa itu Sleep Apnoe ,kita bahas yok !

Kemarin dulu, dunia musik Indonesia dikejutkan oleh kematian mendadak seorang musisi bersuara emas jebolan Idol: Mike Mohede. Seorang penyanyi muda yg baru berusia 32th, sehat walafiat, tidak memiliki riwayat penyakit apa pun tiba-tiba ditemukan sudah tidak bernapas dengan wajah membiru.
Dikarenakan kematian mendadak tanpa ada tanda awal sesuatu penyakit,banyak media berspekulasi bahwa Mike terkena serangan jantung, penyakit pembunuh no 1 yang seringkali dapat mencabut nyawa seseorang dalam hitungan detik. Dilihat dari kondisi Mike yg MEMBIRU dalam keadaan TIDUR, saya mengANALISA bahwa Mike kemungkinan meninggal karena kondisi yang disebut dengan SLEEP APNEA!

Apa itu Sleep Apnoe?
Sleep Apnea ( Gangguan henti nafas saat tidur ) adalah gangguan tidur yang mengganggu pernafasan seseorang saat tidur. Kondisi ini merupakan penyakit serius terutama jika tidak diobati, karena dapat menyebabkan seseorang berhenti bernafas. Hal ini juga dapat menyebabkan pernafasan dangkal beberapa kali ketika pasien tertidur, sehingga tubuh, terutama otak, kekurangan oksigen. Jeda singkat dalam pernapasan ini dapat berlangsung hanya dalam beberapa detik hingga beberapa menit. Hal ini juga dapat terjadi sangat sering, kadangkala terjadi hingga 30 kali dalam rentang satu jam.

Gangguan henti nafas saat tidur, beserta gangguan tidur lain, juga mencegah seseorang untuk menampilkan hasil kerja terbaiknya karena kelelahan dan kurang tidur yang ia alami. Kondisi ini juga dianggap sebagai penyebab prestasi akademis yang buruk bagi anak-anak dan remaja.Jeda pernapasan ini mungkin dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dalam kurun waktu yang lama akan menimbulkan efek sbb:
1.Tekanan darah tinggi
2.Gagal jantung
3.Serangan jantung
4.Stroke
5.Diabetes
6.Sakit kepala
7.Depresi

Sleep Apnoe dibedakan atas 2 jenis
1. Sleep apnoe centra ; dalam kasus ini, otak gagal mengirim sinyal yang tepat pada otot untuk menyegerakan bernafas. Kegagalan ini dikarenakan ketidakstabilan dalam sistem pernapasan.
2. Sleep qpnoe perifer ;, jaringan lunak yang terletak di bagian belakang tenggorokan meluruh dan menghalangi jalan nafas selama tidur. Jenis gangguan ini lebih umum terjadi dibanding jenis yang pertama.

Siapa yang beresiko kena penyakit Sleep apnoe?
Dewasa maupun anak-anak sama-sama dapat mengalami kondisi ini, walaupun orang-orang di bawah ini lebih beresiko untuk terkena kondisi tersebut:
1. Obesitas dan usia >40 th
2.riwayat keluarga penderita gangguan henti nafas saat tidur
3.Memiliki bentuk anatomi :
A.pria ukuran leher minimal 17 inci dan wanita 16 inci
B.amandel yang ukurannya lebih besar dari rata-rata
C.memiliki lidah yang lebih besar
D.tulang rahang yang kecil.
4.menderita gangguan hidung (sinusitis,septum deviasi)
5.Menderita alergi udara,obat dll
6.menderita asam lambung yang tinggi

Gejala Utama
Karena kondisi ini terjadi ketika tidur, sebagian besar orang tidak sadar bahwa mereka menderita gangguan tidur .bila anda mengqlami gejqla seperti di bawsh ini, segeralah konsultasi ke dokter
Tanda awal penyakit ini berupa z:
.1.Mendengkur dengan keras
2Tersedak membanguni saat tidur pulas
3.Rasa kantuk di siang hari atau saat berkendara
4.Kekurangan energiGelisah saat tidur
5.Sakit kepala, terutama di pagi hari setelah bangun
6.Ingatan yang buruk
7.Perubahan suasana hati
8.Menurunnya ketertarikan seksual
9.Insomnia
10.Terbangun berkali-kali di tengah malam
11.Bangun dengan sakit tenggorokan
12.Tenggorokan kering
——————————
Apa itu Mikro Sleep ?
Setiap tahun kasus tabrak mati menjelang lebaran meningkat tajam, selain pengemudi kenderaan tidak patuh dengan boncengan 3 hkn 5 dan kiri kanan dipasang periok,rantangan,juga karen faktor pengemudi mengalami kantuk sesaat Dalam istilah medis disebut :Mikro Sleep
Dari data yang dihimpun dari kecelakaan lalu lintas pada pemandu trak di UK dari tahun 1995 hingga 2001, hampir 20% kemalangan adalah disebabkan keletihan dan satu pertiga dari jumlah itu adalah disebabkan oleh fenomena microsleep ini.
Begitu pula laporan kecelakaan lalu lintas di Amerika dari 40.000kasus kecelakaan 1500 kasus kematian karena Mikroslleep

Microsleep itu tidur yang hanya berlangsung seper-sekian detik, berkisar antara 10-30 detik dengan tanda seseorang kena microsleep itu biasanya kepala terantuk, atau melek (bangun) terkaget dengan tiba-tiba.Ini jadi berbahaya kalau kejadiannya saat-saat dimana kita harus ‘full awareness’ terhadap kegiatan kita, misalnya nyetir mobil atau motor. Keadaan yang kayak gitu itu akibat dari sleep deprivation, mental fatigue, depression, sleep apnea, hypoxia, narcolepsy, atau hypersomnia.

Microsleep secara mudahnya boleh didefinisikan sebagai tidur yang singkat. Microsleep bermaksud perlakuan seperti tidur yang tidak disengajakan dan tidak dapat dikawal samada dalam bentuk pandangan kosong, tersengguk atau terlelap dalam tempoh yang amat singkat antara 2 ke 30 detik, penyebabnya adalah :
1, kepenatan memandu jarak jauh .
2. menggunakan komputer dalam jangka masa yang panjang.
3 aktiviti yang berbentuk ‘monotonous’. Contoh paling mudah ialah memandu di jalan yang lurus.
4.yang kurang tidur, kemurungan dan secara psikologinya penat.

Pengobatan MikroSleep :
Power nap ialah perlakuan tidur sebentar antara 15-30 minit yang dilakukan untuk mengembalikan semula ketajaman minda dan ‘physical performance’. Masa yang terbaik untuk melakukan power nap ialah tidur waktu tengahari.

Untuk mencegah terjadi MikroSleep ,maka ikuti TIP TIP sebagai berikut:
1.Ambillah waktu untuk istirahat setelah berkendara selama 3 atau 4 jam.
2.Jika berkendara jauh, usahakan jangan sendirian ada teman perjalanan
(anda enak diajak ngobrol,dapat memperhatikan keadaan anda. Jadi bisa sebagai ‘alarm’ jika anda mulai terlihat kelelahan.)
3. Jangan biarkan pikiran kosong saat berkendara.
(Bernyanyilah jika anda berkendara sendirian. berteriak tidak akan masalah, jangan lupa pake helm full face atau pake masker kalo pake half face. Kalo di mobil lebih enak tinggal tutup kaca.)
4.Berdoalah sebelum berkendara, .
Sekilas info, Semoga bermanfaat
Artikel Sleep apnoe kami pernah posting 2 th lalu, kali ini kami posting ulang dalam konteks ilmiah yang lebih update,sekilas info semoga bermanfaat.
RobertoNews 1488《16.7.22(09.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait