SMAMIO Kembali Jajaki Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi

  • Whatsapp

GRESIK,beritalima.com-SMA Muhamadiyah 10 (SMAMIO) GKB Gresik, Jawa Timur kembali menjalin  kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi. kali ini Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Muhamadiyah Sidoarjo (UMSIDA)  diajak untuk bersinergi. Penanda tanganan kerjasama itu dilakukan digedung sekolah tersebut pada Jumat, (5/5/2017). sebelumnya Universitas Brawijaya Malang (UNIBRAW) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) serta perguruan tinggi yang lain  terlebih dahulu menandatangani kerjama sama dengan  Sekolah yang berlokasi di Jalan Mutiara Pondok Perumahan Suci (PPS) Nomor 95 Kecamatan Manyar ini.

Dari informasi, Rencananya kerjasama dengan kedua perguruan tinggi tersebut meliputi bidang pengembangan  akademik di lingkungan sekolah SMAMIO, melakukan penelitian bersama, melakukan pengabdian pada masyarakat, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Namun secara khusus,  kerjasama dibidang  pengembangan dan penelitian keislaman, dan Kemuhammadiyahan serta pembelajaran bahasa Arab, khusus dilakukan bersama UMSIDA.

Rektor Universitas Surabaya (Unesa), Prof. Dr. Warsono, M.S pada kegiatan Sharing Session sebelum penandatangan MoU  mengatakan Kemandirian sekolah mutlak dilakukan oleh setiap sekolah guna mencapai keberhasilan dalam mencetak generasi gemilang.  Menurut Warsono, ada 4 aspek sekolah bisa mencapai kemandirian yaitu mampu membiayai sendiri, semangat interpreuner, kepemimpinan visioner serta komitmen bersama semua pihak yang berkepentingan.

“SMA Muhammadiyah memiliki ciri khas mendorong siswanya memiliki jiwa interpreuner sehingga tinggal memperbaiki 3 aspek lainnya. Maka kerjasama dengan berbagai pihak sangat diperlukan untuk pengembangan pendidikan, ” ujarnya

 Sementara itu Kepala SMAMIO, Isa Iskandar mengatakan penandatanganan memorandum of Understanding (MoU) antara SMAMIO dengan  Unesa dan Umsida meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat serta pengembangan sumberdaya manusia.

“Mudah-mudahan ini menjadi bagian dari ikhtiar kami dalam pengembangan dan penguatan sekolah demi membangun kemandirian,” ujarnya.

 SMA Unesa dan Umsida akan melakukan pembinaan dan pengembangan akademik di SMAMIO, serta melakukam penelitian bersama yang didanai kedua belah pihak.

Khusus dengan Umsida, sambung Isa, kedua belah pihak akan melakukan pengabdian masyarakat secara bersama dengan institusi luar, mengembangkan dan penelitian di bidang Ismuba yakni (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab. (Ron)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *