SMKN 1 Rejotangan Sabet Juara 1 LKS Tingkat Nasional Bidang Electronics

  • Whatsapp

Tulungagung, beritalima.com- SMKN 1 Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, kembali berhasil menyabet juara dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK. Kali ini, keluar sebagai Juara 1 LKS Tingkat Nasional untuk bidang lomba Electronics.

Kepala SMKN 1 Rejotangan, Drs. Masrur Hanafi, M.M., membenarkan hal tersebut. Menurutnya, LKS merupakan kompetensi bergengsi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada sekolah peserta.

Pemenang LKS tingkat Nasional, mewakili Indonesia ke ASEAN Skills (Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN), World Skills Asia Competition (Kompetisi Keahlian tingkat Asia), dan World Skills International Competition (Kompetensi Keahlian tingkat Dunia).

“Kegiatan ini, merupakan bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa/siswi terbaik, dari tingkat kabupaten/kota. Kemudian, terbaik Kabupaten/Kota tingkat provinsi mewakili provinsi berlomba di tingkat nasional,” kata Hanafi, Sabtu, (6/5/2023).

“Alhamdulillah, siswa SMKN 1 Rejotangan dari kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, meraih juara 1 Lomba LKS Tingkat Nasional untuk bidang lomba Electronics,” ucap Hanafi.

Lanjutnya, bertepatan kegiatan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada tanggal 2 Mei 2023, Pemprov Jawa Timur memberikan penghargaan kepada para siswa/siswi berprestasi tingkat SMA/SMK di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

“Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, kepada M. Mahairul Makrus Ali, siswa dari SMKN 1 Rejotangan, yang menerima penghargaan tersebut,” Lanjut Hanafi.

Diterangkan, siswa yang mendapatkan juara saat ini duduk di bangku kelas XII jurusan Teknik Elektronika Industri, dan berhasil memperoleh Juara 1 pada LKS SMK tingkat Nasional yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 silam dalam bidang lomba Electronics.

“Sungguh suatu prestasi yang membanggakan untuk Sekolah Menengah Kejuruan dan patut untuk diacungi jempol beserta penghargaan,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Management Mutu SMKN 1 Rejotangan, Dedy Subagyo, mengatakan bahwa, sangat mengapresiasi atas prestasi yang telah diraih anak didiknya, sehingga mampu membawa nama harum SMKN 1 Rejotangan.

Ia menambahkan, pada bulan Mei juga akan dilaksanakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023, yang dilaksanakan di Kota Jember.

Jurusan yang akan mengikuti perlombaan tersebut, dari jurusan KPR (Keperawatan), OTKP (Perkantoran), TEI (Elektronika Industri), dan TKJ (Komputer Jaringan).

“Selamat untuk para peserta yang telah berhasil memenangkan perlombaan LKS tahun lalu. Kerja kerasmu, membawa keberhasilan untuk menjadi yang terbaik nasional untuk bidang lomba elektronika aplikasi hari itu,” tambahnya.

“Kepada peserta yang akan mengikuti LKS Tingkat Provinsi Jawa Timur bulan Mei ini, selamat berjuang. Teruslah berusaha, karena usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com

Pos terkait