Inilah Inovasi Pemdes Tirem Kecamatan Duduksampean untuk Tingkatkan PADes dan Hidupkan UMKM Warganya

  • Whatsapp
Kepala Desa Tirem Kecamatan Duduksampean, Sutopo S.Ag. memperlihatkan kondisi lapangan Futsal yang menjadi sumber PADes bagi Desa yang Ia pimpin.(*)

GRESIK,beritalima.com- Pemerintah Desa Tirem Kecamatan Duduksampean melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) membuat beberapa unit usaha yang sekarang menjadi sumber Pendapatan Asli Desa (PADes).

Salah satu unit usaha yang sudah berjalan adalah membuka usaha penyewaaan lapangan futsal yang sudah dioperasikan sejak 2019 dan lokasinya di depan Balai Desa setempat.

Kepala Desa Tirem, Sutopo S.Ag. menerangkan, dengan adanya penyewaan lapangan futsal ini sangat membantu bagi Pemerintahan Desa maupun warganya.

Dari pantauan, di depan gerbang lapangan futsal yang berdiri di Tanah Kas Desa (TKD) tersebut, ada deretan lapak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang disediakan oleh Pemdes.

Kades ramah tersebut menjelaskan, bahwa deretan lapak itu sebagai tempat warga berjualan yang bertujuan menyerap tenaga kerja lokal, sehingga sebisa mungkin mengurangi pengangguran warganya.

“Disini ada 5 PKL yang berjualan. Semuanya warga kami. Sedangkan untuk petugas kebersihan ada satu (1) orang,” kata Kades Sutopo.

Dia menambahkan, Hasil dari penyewaan lapangan futsal tersebut juga memberikan kontribusi untuk PADes Desa Tirem.

Apalagi lapangan tersebut dibilang cukup sering dipakai untuk event pertandingan yang diselenggarakan oleh berbagai kelompok masyarakat maupun instansi Pemerintahan di Kabupaten Gresik.

Selain dari usaha itu, Pemdes Tirem juga akan menggarap wisata kolam Pancing yang sekarang masih tahap pembangunan.

Wisata baru tersebut saat ini sudah dipersiapkan infrastruktur jalannya yang dibangun di tanah aset Desa. Jalan yang dibangun saat ini kata Dia sudah mencapai 1 Kilometer mulai dari Jalan Raya Pantura Gresik-Lamongan.

“Tahun ini Kita juga akan merencanakan membuka wisata kolam pancing, untuk meningkatkan ekonomi UMKM” pungkasnya.(*)

Pos terkait