beritalima.com

Sodikul Amin Terpilih Jadi Plt Ketua Dewan Kabupaten Malang

  • Whatsapp
Solikul Amin Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang

MALANG, beritalima.com| Sodikul Amin dari Fraksi Partai Nasdem berdasarkan musyawarah ditetapkan menjadi plt Ketua DPRD Kabupaten Malang, Jawa Timur menggantikan Didik Gatot Subroto yang resmi melepas jabatan Ketua DPRD Kabupaten Malang. Pasalnya, hal itu dilakukan karena Didik resmi menyandang status paslon Bupati-Wakil Bupati Malang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serantak 2020.

Untuk mengisi kekosongan kursi jabatan Ketua DPRD Kabupaten Malang, para anggota legislatif akhirnya memilih Wakil Ketua DPRD dari fraksi NasDem, Sodikul Amin untuk memimpin sementara (Plt, red) sebelum adanya proses Pergantian Antar Waktu (PAW).

Bacaan Lainnya

“Untuk mengisi kekosongan itu akhirnya 3 wakil DPRD melakukan rapat untuk memutuskan Plt, artinya Plt sendiri itu adalah pelaksana tugas sementara bukan definitif,” ungkap Solikul Amin kepada wartawan, Rabu 24/09.

Menurutnya jika dalam proses pergantian yang dilakukan secara musyawarah mufakat ada kendala, maka akan dilakukan musyawarah dengan mekanisme voting.

“Melalui rapat pimpinan, kami dipilih sebagai plt sementara pengganti Ketua DPRD. Dan mekanisme memang diatur seperti itu. Jadi ke tiga pimpinan Dewan berembuk dan bermusyarah. Karena, tidak ada yang mengatur jumlah kursinya berapa yang harus menggantikan plt sementara,” jelasnya.

Perlu diketahui bahwa pengunduran diri Didik Gatot Subroto sudah tertuang dalam aturan yang kini menjadi UU dan peraturan KPU nomor 1 tahun 2020 tentang perubahan ketiga peraturan KPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota bahwa calon kepala daerah dan wakil kepala daerah harus menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota DPRD.

Dan mundurnya Didik Gatot Subroto dari jabatannya sebagai Ketua DPRD, karena akan maju dalam Pilkada Kabupaten Malang 2020, sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) Malang untuk mendampingi Calon Bupati (Cabup) HM Sanusi (SanDi) yang diusung oleh enam partai, yakni PDI Perjuangan, PPP, NasDem, Demokrat, Gerindra, dan Golkar. [Red]

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait