Sofwan Dedy Wakil Ketua DPD PDIP Jateng Dukung Penuh Pemkab Wonosobo Akselerasi Turunkan Stunting

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com | Langkah-langkah percepatan penurunan stunting dari Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mendapat apresiasi dari Dedy Sofyan.

Diantaranya beberapa hari kemarin melakukan konsolidasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan.

Bacaan Lainnya

Konsolidasi yang dikemas dalam Rembug Stunting jilid II periode III di Pendopo Selatan pada Senin, 2 Nopember 2023 kemarin tersebut melibatkan Camat, Kepala Desa, Lurah, dan Bidan Desa.

Menurut Dedy, langkah tersebut menunjukkan adanya kerjasama antar elemen.

“Sebuah langkah program yang tepat dilakukan Pemkab Wonosobo,” tykas Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah ini.

Menurutnya upaya tersebut memastikan anak-anak menerima makanan yang kaya akan gizi, seperti sayuran, buah-buahan, protein, dan biji-bijian. Selain itu, mendorong ibu untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan anak, karena ASI memiliki nutrisi penting.

Tak kalah pentingnya, imbuh Dedy, yaitu memastikan akses ke perawatan kesehatan yang berkualitas, termasuk pemeriksaan kesehatan anak secara rutin serta memberikan pendidikan kepada keluarga tentang pentingnya gizi dan cara mempersiapkan makanan bergizi.

Berkat Program- program yang dijalankan, angka penurunan stunting menurun hingga 5,4 % ebih tinggi daripada capaian tingkat nasional sebesar 2,8% sehingga mendapat pujian dari Pemerintah Pusat.

Sebagai penghargaan atas kinerjanya dalam menurunkan angka stunting dan mengatasi kemiskinan, Kabupaten Wonosobo menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat yang diserahkan oleh Wakil Presiden.

Selain itu, Kabupaten Wonosobo juga mendapatkan Dana Insentif Daerah sebesar 13 Miliar Rupiah, bersama dengan 54 kabupaten/kota lain di seluruh Indonesia. (Agus)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait