Sosialisasi Aplikasi SITOLAUT di Halsel

  • Whatsapp

BABANG,beritaLima.com -Senin (17/10), Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Selatan, Maslan Hi. Hasan, membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Aplikasi SITOLAUT, bertempat di Pelabuhan Babang, Minggu (17/10/2021).

Kegiatan sosialisasi Aplikasi SITOLAUT ini dilakukan oleh Tim Teknis dari Direktorat Lalulintas dan Angkutan Laut, Ditjen Perbubungan Laut, Kementerian Perhubungan.

Sekda Kabupaten Halmahera Selatan dalam sambutannya menyampaikan, sejak dirinya menjabat Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Halmahera Selatan 6 tahun lalu, Tol Laut ini sudah dibicarakan, namun belum terealisasi.

Sampai pada tahun 2021 ini, di bawah kepemimpinan Bupati Usman Sidik dan Kepala UPP Kelas II Babang, Rosihan Gamtjim, barulah keinginan akan hadirnya Tol Laut bisa segera terealisasi.

Sekda berharap hadirnya Tol Laut ini, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat maupun pengusaha yang ada di Halmahera Selatan untuk mendistribusi potensi-potensi daerah di Halmahera Selatan.

“Potensi daerah ini harus dimanfaatkan dengan baik, sehingga begitu Tol Laut dan balik, itu mengangkut potensi daerah yang sudah digarap. Jangan begitu datang dan pulangnya tidak bawa apa-apa, itu percuma. Maka dari itu, mari kita sama-sama memanfaatkan Tol Laut ini,” harap Sekda.

Sementara Kepala Kantor UPP Kelas II Babang, Rosihan Gamtjim menyampaikan, Tol Laut merupakan salah satu program Presiden Joko Widodo di bidang transportasi laut. Tujuan daripada Tol Laut ini agar barang yang ada di wilayah Indonesia Barat, bisa terdistribusi sampai ke daerah-daerah dan menjadi pelopor Disparitas Harga Barang.

Begitu juga potensi sumber daya alam yang di daerah-daerah, bisa dikirim balik melalui Tol Laut ini ke wilayah di mana merupakan titik pasarnya.

Untuk itu, kata Rosihan, Program Tol Laut ini harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik untuk mengekspor potensi alam.

“Saya berharap kepada pelaku usaha maupun masyarakat, mari kita kolaborasi bersama-sama untuk memanfaatkan potensi yang ada di daerah kita ini yang nantinya didistribusikan melalui Tol Laut,” ajak Rosihan. (**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait