Sukma Sahadewa: Manado Memang Layak Raih Penghargaan IKT 2018

  • Whatsapp
Sukma Sahadewa (dua dari kiri

SURABAYA, beritalima.com – Manado dan Tomohon di Sulut berhasil memperoleh Penghargaan Indeks Kota Toleran (IKT) 2018. Ini karena keberhasilannya menjaga nilai persatuan Indonesia di atas kepentingan individu, golongan, suku dan agama.

Kerukunan umat beragama di Manado sangat nyata. Semua perbedaan agama dan etnis dijaga dalam bingkai persaudaraan, tidak ada istilah orang lain, orang asing, pendatang atau pribumi di Manado. Ada filosofi yang terkenal di Manado dan Tanah Minahasa, “Torang Samua Basudara”, kita orang semuanya bersaudara.

Menurut Sukma Sahadewa, Alumni Taplai Lemhannas RI 2018, suatu bangsa akan menjadi besar bila membangun sesuai dengan nilai-nilai di kandungnya dalam konsensus bangsa Indonesia.

Berbicara tentang toleransi saat ini merupakan sesuatu hal yang sangat relevan dan luar biasa. Toleransi merupakan tonggak utama berdirinya bangsa Indonesia. Telah kita ketahui bersama Indonesia sangat luas geografisnya yang diapit 2 samudera dan 2 benua, terdiri dari ribuan pulau.

Jumlah bahasa yang ada di Indonesia sebanyak 742 bahasa daerah, 7.241 karya budaya. Jumlah ras yang ada di Indonesia ada 4 ras.

Ribuan pulau ada di negara Indonesia.
Besarnya Indonesia merupakan kekayaan. Dari perbedaan di dalamnya, baik berupa suku, adat, agama, bahasa dan budayanya, inilah yang harus kita jaga dalam mencapai tujuan Bangsa Indonesia.

Empat konsensus Negara Indonesia terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, Sasanti Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalam 4 konsensus dasar negera di dalamnya mengandung beberapa nilai.

1. Pancasila mengandung 5 nilai: Nilai Religius, Nilai Kekeluargaan, Nilai Keselarasan, Nilai Kerakyatan, dan Nilai Keadilan.

2. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengandung 3 nilai, yaitu Nilai Demokrasi (Kebebasan), Nilai Kesamaan Derajat, dan Nilai Ketaatan Hukum.

3. Sasanti Bhineka Tunggal Ika mengandung Nilai-Nilai Kebangsaan, yakni Toleransi, Keadilan, dan Gotong Royong.

4. Negara Kesatuan Republik Indonesia di dalamnya mengandung Nilai Persatuan Bangsa, Nilai Persatuan Wilayah, dan Kemandirian.

Dari 4 konsensus di atas ada 14 nilai di dalamnya yang menjadi watu kesatuan nilai suatu Bangsa Indonesia untuk menjadi Indonesia yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur.

Dengan bersatu, gotong royong dan toleransi beragama kita akan menggapai era demokrasi, digitalisasi dan moderisasi dengan baik menuju Indonesia jaya.

Selamat atas penghargaan bagi Manado sebagai Kota Paling Toleran yang diserahkan langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo di Hotel Ashley, Jalan KH Wahid Hasyim No 73-75 Jakarta Pusat, dan diterima oleh Walikota Manado, GS Vicky Lumentut.

Sangat membanggakan bila seluruh kota/kabupaten di Indonesia bisa berdampingan rukun seperti di Manado. Karena, Indonesia kuat karena perbedaan. Indonesia Jaya karena tidak sama satu sama lainnya. (Gan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *