Sunardi: Pembagunan Jalan PISEW Di Kecamatan Semaka Bermanfaat Bagi Warga

  • Whatsapp

TANGGAMUS, beritalima.com — Berbagai upaya untuk mengatasi masalah kesenjangan disetiap desa dalam kecamatan, telah dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah melalui berbagai kebijakan dan kegiatan nasional. Salah satunya adalah pembangunan jalan rabat beton Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Tahun 2018.

PISEW merupakan program yang dilaksanakan untuk mendukung kebijakan Pemerintah, dalam meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur yang mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan permukiman di kecamatan, serta meningkatkan kualitas permukiman perdesaan�. Hal itu dijelaskan oleh Sunardi, selaku ketua BKAD Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus, saat diwawancarai ditempat kerjanya, minggu – (3/9/18)

Dia menjelaskan bahwa, Provinsi Lampung mendapatkan 20 titik kegiatan di 5 Kabupaten diantaranya Tanggamus, Pringsewu, Lampung Tengah, Lampung Selatan dan Tulang Bawang dengan besaran anggaran masing-masing Rp: 600.000.000, bersumber dari APBN murni. Sedangkan di Kabupaten Tanggamus ada 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Klumbayan, Pulau Panggung, Semaka dan Wonosobo.

“Program PISEW tahun anggaran 2018 di Kecamatan Semaka terletak di Pekon Bangun Rejo dengan panjang 188 M dengan lebar 3 M dan di Pekon Sukaraja dengan panjang 852 M lebar 3 M ditambah gorong-gorong dan badan jalan hasil swadaya sepanjang 15 M. Alhamdulillah, sekarang ini tahap pengerjaannya sudah mencapai progres 70%, dan dalam minggu ini bisa terselesaikan pengerjaannya,” jelasnya.

Dilain pihak, Sigit (27) salah satu warga Pekon Sukaraja, Dia sangat berterima kasih dengan adanya pembangunan jalan rabat beton PISEW tersebut. Adapun alasananya dengan adanya program ini, apabila akan berpergian ke pekon lain tidak harus menggunakan jalan utama, mengingat jalan beton yang dibangun tersebut menghubungkan langsung ke pekon sekitar.

“Rasa terimakasih ini bukan dari saya sendiri, banyak warga disekitar bangunan jalan rabat beton sampai mau memberi makanan atau minum kopi keparapekerja yang mengerjakan jalan tersebut,” tuturnya.

Pun juga, seperti yang diungkapkan oleh Fatron, warga Pekon Bangunrejo Kecamatan Semaka. Menurutnya, dengan adanya jalan rabat beton tersebut sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi yang tadinya selalu menggunakan jalan utama saat berangkat dan pulang sekolah. Dan sekarang mereka menggunakan jalan rabat beton tersebut sehingga lebih dekat jarak tempuhnya.

“Alhamdulillah, sekarang semenjak ada jalan rabat beton ini, siswa-siswi yang bersekolah ke SMPN 2 Semaka dan SMAN 1 Semaka semakin mudah dan lancar,” tutupnya.( Rusdi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *