Surabaya Sebagai Kota Percontohan Pemajuan Kebudayaan di Indonesia

  • Whatsapp

Oleh : Pandu Budi R
(edisi II)

Kota Pahlawan Suràbaya bisa dijadikan sebagai kota percontohan Pemajuan Kebudayaan di Indonesia. 
Karena dengan adanya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.
Semua kebijakan dan strategi kebudayaan bisa berjalan baik sesuai undang-undang dapat dilakukan komunikasi dan konsultasi dengan kepala daerah untuk pemajuan kebudayaan di wilayahnya.
Di Indonesia ada 514 kabupaten/kota.
Kota Surabaya dapat diusulkan menjadi percontohan pengembangan Pemajuan Kebudayaan di Indonesia
Apabila disetujui, apapun kebijakan pemerintah pusat harus diikuti dengan daerah agar dapat berjalan dengan baik.
Untuk itu perlu adanya kelembagaan atau wadah yang dapat diusulkan pada Walikota Kepala Daerah Surabaya dengan nama Dewan Kebudayaan Surabaya

“Tak hanya dari segi kelembagaan saja, tapi juga dari segi penganggarannya harus juga dipikirkan.

Oleh karena itu perlu ada nya prioritas Anggaran untuk lembaga Dewan Kebudayaan Surabaya
Yang dapat dipergunakan sebagai anggaran Pemajuan Kebudayaan.
Perlu secepatnya diusulkan ke pihak Walikotamadya Kepala Daerah Surabaya dan Ketua DPRD Surabaya, agar dapat sebagai bahan diskusi antara Walikotamadya Kepala Daerah Surabaya dan Ketua DPRD Kota Surabaya untuk Pemajuan Kebudayaan dikota Surabaya.

Dimana kegiatan yang subtansial seperti menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) guna menunjang terhadap Pemajuan Kebudayaan di Surabaya, perlu adanya persiapan berbagai perangkat kebudayaan agar dapat dirumuskan.
“Masalah utamanya, Pemajuan Kebudayaan ini cukup rumit.
Karena harus melibatkan dari berbagai pihak seperti kurator, desainer, tenaga ahli yang bergabung dalam barisan kebudayaan, tokoh agama, akademisi dsb.
Sedangkan hal yang menunjang pengusulan sebagai kota percontohan Pemajuan Kebudayaan, Surabaya sudah melakukannya,
Seperti melakukan pelestarian Cagar Budaya, menyelenggarakan festival-festival yang menggandeng stakeholder untuk Pemajuan Kebudayaan di kota Surabaya.
Diharapkan pula dapat memacu daerah-daerah lainnya juga akan berkembang seperti Surabaya. Kekayaan Indonesia itu sangat luar biasa dari sisi budaya. Melalui budaya kita bisa membangun toleransi, khususnya di kalangan generasi milenial yang nantinya dapat menunjukkan bahwa kita adalah satu keluarga.
Rasa Satu Keluarga itu harus terus menerus dipupuk didalam masyarakat Surabaya.

Sebagai penyemangat agar Pemajuan Kebudayaan dapat cepat terwujud di kota Surabaya, maka perlu kirànya secepatnya mengadakan Sarasehan Budàya Surabaya atau apalah nama untuk menunjang percepatan pembentukan lembaga Pemajuan Kebudayaan di Surabaya.

Dimana dalam acara tersebut perlu juga adanya realisasi fisik seperti festival budaya yang setiap tahun nantinya dapat diadakan keliling di setiap Kecamatan di kota Surabaya.

Sedang dalam festival Budaya Surabaya, harus ada delegasi yang menampilkan kebudayaan wilayah kecamatannya dan keseniannya. Jadi benar-benar realistik.

Diharapkan dari berbagai macam kebudayaan itu nantinya bisa menjadi perekat persatuan warga kota Surabaya.

Salam

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait