Survey Geologi Lanjutan PT BSI Mendapat Pengawalan Puluhan Warga Sumberagung

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Dalam kegiatan Survey Geologi, puluhan warga yang didominasi kalangan pemuda direkrut menjadi Porter. Mereka mendampingi Tim Survey bersama aparat kepolisian, TNI, Satpol PP dan Tim Terpadu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi.

Puluhan warga Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, kawal Survey Geologi lanjutan PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Kehadiran masyarakat ini merupakan bentuk dukungan terhadap investasi anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk dikampung halaman mereka.

Bacaan Lainnya

Adapun sasaran Survey Geologi adalah gunung Salakan dan Lompongan. Keduanya berada diwilayah Dusun Pancer.

Asep Ruliadi, warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung, mengaku senang bisa ikut terlibat dalam Survey Geologi PT BSI. Dia mengaku sudah 4 hari menjadi Porter.

“Saya bersama teman-teman senang bisa ikut bekerja, bergabung dalam Tim Survey Geologi PT BSI,” katanya, Senin (5/6/2023).

Pernyataan sama dilontarkan Neo Junior, salah satu Porter yang juga berasal dari Dusun Pancer. Sebagai masyarakat sekitar perusahaan tambang emas PT BSI, dia berharap bisa terus dilibatkan atau dipekerjakan perusahaan.

“Kami senang bisa ikut bekerja, karena kami mendukung investasi PT BSI,” ungkap pemuda yang baru sehari menjadi Porter Survey Geologi ini.

Baik Asep maupun Neo, mengaku sebagai pesanggem atau pemilik lahan garapan diarea Perhutani KPH Banyuwangi Selatan. Keduanya menyadari bahwa lahan garapan mereka berpotensi menjadi wilayah pengembangan investasi PT BSI.

“Kalau kami sangat menyadari, itu tidak masalah. Karena lahan tersebut juga bukan hak milik kami, melainkan tanah Perhutani,” cetus keduanya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sumberagung, Vivin Agustin, menyampaikan terima kasih mendalam kepada manajemen PT BSI. Karena dengan berjalannya waktu, semakin banyak masyarakat dan pemuda yang direkrut dalam kegiatan perusahaan.

“Saya mengimbau agar masyarakat untuk selalu damai dan hidup rukun,” ujarnya.

Vivin, sapaan akrab Kades Sumberagung, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung dan bersinergi demi kelancaran investasi PT BSI. Diharapkan, keberadaan anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, dapat memberi manfaat lebih, khususnya dalam kemajuan dan kesejahteraan.

“Semoga Survey Geologi gunung Salakan dan Lompongan berjalan lancar, selanjutnya membawa manfaat untuk kemajuan dan masyarakat kami,” ungkap Vivin.

Tahun ini, Kecamatan Pesanggaran sedang mengusung Tagline ‘BERBENAH’ atau ‘Bersinergi Membangun Ekonomi dan Harmoni’ demi mewujudkan Pesanggaran ANYES alias Aman, Nyaman, Tentram dan Sejahtera.

“Guna mewujudkan harapan besar tersebut, kami meminta seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu dan bergotong royong,” kata Camat Pesanggaran, Drs. R Agus Mulyono, M Si.

Seperti diketahui, sejak Kamis, 1 Juni 2023, PT BSI menggelar Survey Geologi lanjutan. Dalam pelaksanaan, Tim Survey menyusuri gunung Salakan dan Lompongan, untuk mengambil sampel batuan. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen perusahaan untuk melakukan pengembangan investasi di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. (bi)

beritalima.com

Pos terkait