Tampung Aspirasi Warga, Kapolres bareng Dandim 0806 Trenggalek Gelar Jumat Curhat di Masaran

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Tampung aspirasi masyarakat, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, bersama Komandan Kodim 0806 Trenggalek Letkol Czi Yudo Aji Susanto, berkunjung ke desa Masaran Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek.

Kunjungan pemimpin muda bidang keamanan dan pertahanan ini bertujuan untuk menyapa sekaligus mengkuti ibadah salat jumat bersama warga di Masjid Sumbersari desa setempat pada Jumat, (19/1/2024).

“Bersama Dandim 0806, kami berkunjung ke Desa Masaran, Kecamatan Munjungan untuk bertatap muka langsung dengan masyarakat sekaligus menggelar program `Jum’at Curhat` sebagai media komunikasi antara warga dengan polisi juga TNI,” sebut AKBP Gathut.

Dikatakannya, Jumat Curhat merupakan salah satu terobosan untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat serta menjaring aspirasi, keinginan, harapan maupun kritik dan masukan kepada TNI-Polri terutama terkait keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kehadiran kami disini untuk berdialog dan berdiskusi tentang apapun. Oleh sebab itu kami hadirkan pula para pejabat utama sehingga jika ada permasalahan bisa langsung dikomunikasikan dengan para Kabag maupun Kasat yang membidangi,” imbuhnya.

Sebab, lanjut AKBP Gathut, dengan bertatap muka langsung seperti ini, dapat mengetahui secara pasti kondisi riil tentang segala permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat berikut kendala dan hambatan di lapangan.

Mengingat, sinergitas antara TNI-Polri dengan masyarakat perlu terus ditingkatkan. Kolaborasi ini bertujuan tak lain dan tak bukan untuk kepentingan masyarakat secara luas. Jika Kamtibmas kondusif, maka roda ekonomi juga dapat bergerak dengan baik.

Jika ada permasalahan sekecil apapun khususnya yang berkaitan dengan pelanggaran hukum agar segera diselesaikan dengan melibatkan semua unsur dan melaporkan kepada tiga pilar.

“Ketika ada masalah, segera diselesaikan dengan melaporkan kepada tiga pilar. Baik itu Polsek atau Bhabinkamtibmas, Babinsa dan pemerintah desa sebagai fasilitator sehingga permasalahan tidak semakin membesar,” harap Kapolres.

Tak ketinggalan, pihaknya juga mengajak segenap warga yang hadir untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu 2024 yang pelaksanaannya tinggal menghitung hari dengan senantia menjaga kondusivitas, kedamaian dan persatuan.

“Pilihan oleh bedo, kerukunan tetep dijogo,” tandasnya.

Sementara itu, Dandim 0806 Letkol Czi Yudo menyampaikan tentang pentingnya peran orang tua dalam mengawasi pergaulan anak-anak. Tak bisa dipungkiri bahwa pesatnya kemajuan teknologi informasi juga membawa dampak terhadap cara berfikir anak-anak.

“Jangan sampai terjerumus dalam pergaulan yang salah,” ujar Dandim.

Dalam kesempatan tersebut, beberapa orang warga juga menyampaikan keluhan-keluhan, diantaranya permasalahan penyaluran pupuk bersubsidi bagi para petani, peredaran Miras, hingga pengurusan SIM.

Menanggapi hal tersebut, AKBP Gathut menegaskan akan menindak lanjuti dengan meningkatkan intensitas patroli terutama pada saat ada kegiatan masyarakat serta menggalakkan razia dan operasi untuk menekan peredaran Miras ilegal.

“Untuk permasalahan pupuk, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait. Jika diperlukan, akan diturunkan tim untuk mendalami permasalahan tersebut,” pungkas perwira dengan dua melati dipundak tersebut.

Acara ditutup dengan menyerahan bingkisan dan cindera mata dari Kapolres dan Dandim 0806 yang diterima langsung oleh takmir masjid Sumbersari. (her)

beritalima.com

Pos terkait