Ternyata Madu Bukan Sembarang Madu, Masing Masing Punya Kasiatnya

  • Whatsapp

Jombang, beritalima.com | Ternyata madu bukan sembarang madu masing masing punya kasiatnya. Selama ini orang pada umumnya hanya minum madu sebagai minuman herbal untuk menambah stamina akan tetapi madu yang dihasilkan lebah tergantung asupan nutrisi dari bunga pohon apa di tengah hutan.

Ada madu super, madu hutan, madu hitam, madu bunga kaliandra, madu bunga kelengkeng, madu bunga mangga, madu kopi, madu bunga randu, madu bunga durian, madu bunga juwet/duwet, madu dari bunga sono, madu bunga rambutan, madu bunga durian, dan lain sebagainya.

Bacaan Lainnya

Masing – masing khasiatnya bisa dibuka di laman internet, sengaja tidak ditulis semua karena bisa menyita halaman penulisan pemberitaan, paling satu yang bisa ditulis disini adalah madu dari bunga kaliandra yang khasiatnya bisa menambah daya tahan tubuh karena mengandung protein tinggi dan royal jelly, baik untuk pertumbuhan dan meningkatkan vitalitas.

Dari penelusuran beritalima.com, terlihat peternak lebah di kawasan pegunungan anjasmoro, Jawa Timur terbilang lama menggeluti hal itu hingga sekarang. Bahkan tiap dua minggu sekali menghasilkan 2 drum plastik besar ukuran 150 liter. Menurut Siran salah satu peternak lebah, tergantung musimnya.

Musim yang bagus katanya dari bulan April sampai Nopember saat saatnya musim berbunga. Sedangkan bulan Desember sampai Maret bulan yang tidak bagus untuk beternak lebah karena pohon – pohon di hutan belum ada yang berbunga.

Selama menggeluti peternakan lebah dibantu 8 orang tenaga untuk pembibitan dan pemindahan madu ke drum. Sedangkan 4 orang tenaga pemindahan dari penangkaran sampai ke rumah produksi, begitu juga 2 orang tenaga untuk administrasi dan penjualan.

Sampai di rumah produksi madu, dikemas berdasarkan ukuran dan jenis madunya, ada yang ukuran jeringen minimal 1 liter, botol 650ml, 500ml, 300ml, dan ukuran botol kecil 150ml. Harganyapun berbeda beda dan sudah tersebar ke daerah – daerah.

Jurnalis : Dedy Mulyadi

beritalima.com

Pos terkait